Festival Hammock dihelat Lagi di TWA Buluhcina

Senin, 25 Februari 2019

Pekanbaru, 25 Februari 2019. Kegiatan menarik berwisata di Buluhcina makin mempesona. Kali ini even Festival Hammock di TWA Buluhcina 2019 diselenggarakan bersama Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kampar, Bengkel Seni Rantau Kampar Kiri, Laskar Penggiat Ekowisata Riau dan pengelola kawasan Balai Besar KSDA Riau.

Beranekaragam kegiatan ditampilkan dari budaya, kuliner sampai wisata alam, pacu jalur, lomba memasak, lomba mewarnai, pembacaan puisi dan seni, pendidikan konservasi serta aksi perang sampah.

Acara star pertama pacu sampan dilakukan pada hari Jum'at dibuka oleh Kadis Pariwisata Kab. Kampar, Zulia Dharma. Pada hari kedua diadakan lomba memasak asam podeh, makanan khas daerah Melayu dengan peserta 13 regu. Acara dibuka oleh Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Zulfahmi Usman. Lomba memasak dibarengi dengan lomba mewarnai untuk TK dengan tema "hammock" diiringi musik tradisional dan nyanyian melayu dari atas panggung. Suasana sangat meriah.

Setelah selesai memasak, semua yang hadir makan bersama. Kemudian acara pacu sampan dilanjutkan. Kemeriahan acara bertambah dengan datangnya 3 unit carnaval boat hias yang mengarungi sungai Kampar dari Pulau Cinta, Teluk Jering berbarengan dengan datangnya peserta hammock yang berjumlah sekitar 40 orang via darat.

Para peserta nampak bersemangat memasuki Taman Wisata Alam (TWA) Buluhcina dimana hammock sudah bergelantungan siap untuk dipergunakan. Malamnya para peserta disuguhi perhelatan seni dan budaya dengan panggung di atas Danau Tanjung Putus.

Pagi hari,  para peserta diberikan pendidikan konservasi oleh bapak Isbanu dari Balai Besar KSDA Riau sebelum melakukan jungle tracking untuk melihat keindahan alam tujuh danau serta keeksotisan pepohonan yang berada di dalam kawasan TWA Buluhcina.

Sebelum acara berakhir,  peserta diajak untuk menyaksikan final pacu sampan dan acara ditutup dengan aksi perang sampah secara bersama sama oleh peserta dan panitia.

Sahabat konservasi ayo kita lestarikan kawasan konservasi kita... mari berwisata ke TWA Buluhcina...

CONSERVATION #everyonecandoit

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini