Peringati Hari Peduli Sampah, Balai TN Kutai Gelar Aksi Bersih “Sangkima Jungle Park”

Kamis, 21 Februari 2019

Sangatta, 21 Februari 2019. Dalam rangka memperingati hari peduli sampah Indonesia, Balai Taman Nasional Kutai menggelar rangkaian aksi bersih sampah di beberapa lokasi  Wisata Alam di TN Kutai. Aksi bersih sampah dimulai bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Indonesia yaitu pada tanggal 21 Februari 2019, dengan  menggelar aksi bersih sampah di Sangkima Junggle Park. Selanjutnya akan dilakukan aksi bersih sampah di objek wisata lainnya yaitu Prevab dan Bontang Mangrove Park.

Aksi bersih sampah di Sangkima Junggle Park dimotori oleh Kepala SPTN wilayah I Sangatta dan Kepala Resort Sangkima,  dengan melibatkan lebih dari 100 personil yang terdiri dari staf balai TN Kutai, Kader konservasi, Kelompok Sadar Wisata Eko Kabojaya-Swarga Bara, Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan dimulai dengan apel bersama, kemudian dibagi dalam tiga tim dan melakukan pembersihan dengan menyusuri jalur wisata sepanjang 4 km dan pembersihan welcome area.

Sangkima Junggle Park merupakan salah satu objek wisata alam Taman nasional Kutai dengan ikon Ulin Raksasa berdiameter 2.49 meter dan junggle trekking sepanjang 4 km. Atraksi wisata yang disediakan berupa jembatan ulin sepanjang 900 meter dan rumah pohon.  Keunikan potensi wisata menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal Kutai Timur, maupun dari luar kabupaten, bahkan dari mancanegara.

Salah satu permasalahan  dalam pengelolaan wisata alam di Sangkima dan  tempat wislata lainnya pada umumnya  adalah manajemen sampah. Persoalan sampah menjadi tantangan tersendiri yang seringkali menjadi hambatan dan penyebab menurunnya kualitas lingkungan suatu objek wisata alam. Padahal indikator keberhasilan pengelolaan wisata alam adalah peningkatan kualitas lingkungan.

Kemajuan teknologi yang menyediakan kemasan berbagai bentuk yang berbahan plastik dan sejenisnya turut mendorong peningkatan produksi sampah. Tidak dapat dipungkiri, beberapa tahun terakhir, kebiasaan menggunakan kemasan plastik untuk segala kebutuhan semakin meningkat. Hal tersebut semakin mendorong meningkatnya sampah plastik. Belum lagi pola perilaku membuang sampah pada tempat yang sesuai masih sangat kurang.  

Peringatan hari peduli sampah di Taman Nasional Kutai diselenggarakan tidak sekedar untuk membersihkan sampah, namun untuk membangun pemahaman dan perilaku yang baik dalam mengelola sampah. Peringatan hari peduli sampah diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan dan semakin mendorong perilaku bersih serta meminimalkan penggunaan sampah plastik.

Sumber : Lita Kabangnga - Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini