Lagi, Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang Bukittinggi

Selasa, 18 Desember 2018

Bukittinggi, 18 Desember 2018. Koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) kota bukittinggi  Sumatera Barat kembali bertambah dengan kelahiran sepasang anak harimau Sumatera (Panthera tigris). Lembaga Konservasi di bawah binaan Balai KSDA Sumatera Barat tersebut sudah berhasil menunjukkan bahwa lembaga tersebut mampu melaksanakan tugas untuk menjaga, merawat dan mengembang-biakkan koleksi satwanya, apalagi jenis Harimau Sumatera  ini adalah jenis satwa yang dilindungi dan hampir punah.

Kelahiran sepasang anak harimau ini  berasal dari induk betina, bernama Dara Jingga dan pasangan jantan bernama Bancah, pada hari minggu tanggal 16 Desember 2018.

Dengan kelahiran sepasang anak harimau sumatera ini, Dr. Erly Sukrismanto (Kepala BKSDA Sumbar) menyampaikan apresiasi kepada TMSBK karena telah berhasil menjalankan tugas sebagai lembaga yang mengelola konservasi ek-situ (di luar kawasan hutan).

Fungsi lembaga konservasi, sejauh ini merupakan instrumen pelestarian jenis satwa, yang kontribusinya sangat penting dalam menunjang upaya-upaya pengawetan jenis yang dilakukan oleh pemerintah. Kedepannya, BKSDA Sumbar akan terus meningkatkan kerjasama dan monitoring terhadap pengelolaan lembaga konservasi di Sumatera Barat, termasuk TMSBK, sehingga terus berkontribusi dalam pengawetan jenis.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini