WRU BKSDA Kalteng Rescue Orangutan Seberat 87,7 kg di Dusun Remiling, Kotawaringin Timur

Senin, 03 Desember 2018

Kotawaringin Timur, 3 Desember 2018. Hari Selasa (27/11), Wildlife Rescue Team SKW II BKSDA Kalimantan Tengah bersama OFI telah berhasil melakukan rescue Orangutan di Dusun Remiling, Desa Ganepo, Kec. Seranau Kab. Kotawaringin Timur dengan titik Koordinat 02.646771 113.007140.

Rescue merupakan tindak lanjut dari laporan Kepala Desa Ganepo, bahwa dalam kurun tanggal 19 sd 24 November 2018, ada orangutan masuk kedalam kebun masyarakat dan memakan buah-buahan  seperti Cempedak, Manggis, Nangka, Rambutan, Durian, Rambai, dan Petai. Karena melimpahnya buah-buahan, dikhawatirkan orangutan akan bertahan lama dilokasi tersebut. Ditambah dengan akses yang mudah untuk keluar masuk lokasi gangguan dan dekatnya dengan pemukiman warga yang hanya sejauh 10 meter, kehadiran orangutan tersebut menimbulkan keresahan dan kekhawatiran warga.

Untuk menghindari konflik antara orangutan dan masyarakat, WRU SKW II - BKSDA Kalteng bersama-sama dengan perangkat desa, Kepolisian setempat, dan warga melakukan evakuasi orangutan dari lokasi gangguan.

Saat ini orangutan tersebut telah berada di OCCQ Pasir Panjang di Pangkalan Bun untuk dilakukan pengecekan kesehatan

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini