Masyarakat Desa Penyangga TN Bukit Baka Bukit Raya Terima Bantuan Fasilitasi Pemberdayaan

Rabu, 28 November 2018

Sintang, 26 November 2018. 6 (enam) kelompok masyarakat telah menerima bantuan fasilitasi pemberdayaan yang diserahkan secara simbolis di kantor Balai TN Bukit Baka Bukit Raya Sintang. Kelompok masyarakat ini berasal dari desa penyangga kawasan TN Bukit Baka Bukit Raya yaitu Desa Rantau Malam dan Desa Nusa Poring dimana kedua desa tersebut berada di dalam wilayah kerja SPTN Wilayah I Nanga Pinoh. 

Kelompok-kelompok tersebut adalah Kelompok Porter “Mo Three” yang menerima bantuan berupa peralatan pendakian dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang, Kelompok Transportasi “Topakai Juoi” berupa peralatan transportasi air (kelotok) dengan jumlah anggota sebanyak 10 orang, Kelompok Homestay “Danum Sorio” dengan jumlah anggota sebanyak 5 orang berupa peralatan homestay dan Kelompok Pengrajin “Rotan Rimba” dengan jumlah anggota sebanyak 13 orang berupa peralatan kerajinan  yang berasal dari Desa Rantau Malam. Penerima bantuan yang berasal dari Desa Nusa Poring yaitu Kelompok “Tungku Sengkumang” menerima bantuan berupa budidaya karet unggul sebanyak 40 KK dan Kelompok “Sekujang Permai” menerima bantuan bibit babi lokal dan ayam pedaging sebanyak 39 KK. 

Penyerahan bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat ini secara simbolis diterima oleh masing-masing ketua kelompok yaitu Dionisius Bacok sebagai Ketua Kelompok Porter “Mo Three”, Yulius Ihton sebagai Ketua Kelompok Transportasi “Topakai Juoi”, Oktavia sebagai  Ketua Kelompok Homestay “Danum Sorio”, Pendi sebagai ketua Kelompok Pengrajin “Rotan Rimba”, Tingas sebagai Ketua Kelompok “Tungku Sengkumang” dan Ahermanto sebagai Ketua Kelompok “Sekujang Permai”. 

Dalam acara tersebut Kepala Balai TN Bukit Baka Bukit Raya yang diwakili Bapak Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Hernowo Supriyanto, S.Hut., M.P. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pemberian bantuan ini adalah untuk membantu masyarakat dalam memajukan desa khususnya Desa Rantau Malam dan Desa Nusa Poring sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pengelola kawasan Balai TN Bukit Baka Bukit Raya dalam rangka memberdayakan masyarakat di sekitar kawasan, bantuan tersebut merupakan stimulan bagi masyarakat agar kesejahteraan dan perekonomian mereka menjadi lebih baik dan dapat menjadi titik awal perubahan di desa.

Kepala Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Nanga Pinoh, Bpk. Purwadi, S.Hut., M.P memberikan ucapan selamat kepada kelompok-kelompok masyarakat yang terpilih mendapatkan bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat di Desa Penyangga. Latar belakang diberikannya bantuan tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya kepada kelompok masyarakat karena komitmennya untuk menjaga dan melestarikan kawasan TN Bukit Baka Bukit Raya. Harapan dengan adanya pemberian bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat terus bergulir dan berkelanjutan, bukan hanya terbatas pada kelompok saja tetapi juga masyarakat luas. Selain itu, bantuan tersebut dapat dikembangkan dan digunakan sebaik-baiknya sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal dan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Tugas pemberdayaan bukan hanya tugas Balai TN Bukit Baka Bukit Raya tetapi pihak pemerintah daerah setempat juga berkewajiban dan harus ikut berpartisipasi di dalamnya. Balai TN Bukit Baka Bukit Raya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat terkait kegiatan pemberdayaan yang dilakukan serta bekerjasama dengan pihak-pihak terkait sehingga terbuka jaringan kerja yang lebih luas.

Dengan adanya pemberian bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam upaya menjaga kawasan taman nasional. Jika terjadi perubahan negatif terhadap alam maka masyarakat di sekitar kawasan yang akan merasakan dampaknya terlebih dahulu. 

Sumber: Humas dan Ivonne Br. Panggabean - Penyuluh Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini