Bersatunya Budaya dan Konservasi di Festival Danau Kelimutu “Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata”

Kamis, 02 Agustus 2018

Ende, 2 Agustus 2018. Balai Taman Nasional Kelimutu bersama Pemerintahan Kabupaten Ende akan menyelenggarakan upacara adat “Pati Ka Dua Bapu Ata Mata” yang merupakan rangkaian dari Festival Danau Kelimutu pada tanggal 14 Agustus 2018. Kegiatan ini adalah upacara memberi makan arwah leluhur masyarakat Suku Lio di Danau Kelimutu.

Upacara ini merupakan budaya kepercayaan masyarakat lokal yang menganggap bahwa ketiga Danau Kelimutu yang ada merupakan tempat bersemayamnya para arwah penduduk yang telah meninggal. Festival Danau Kelimutu yang ke 10 ini akan melibatkan lebih dari 21 komunitas adat Suku Lio yang berada disekitar Kawasan TN Kelimutu.  

Rangkaian acara ini dimulai pukul 07.00 WITA dimulai dengan beriringan berjalan menuju mesbah tempat pemberian sesaji, pemberian makan arwah leluhur oleh mosalaki (tetua adat) dari masing-masing komunitas adat dan tarian adat Gawi bersama di mesbah Patika. 

Setelah upacara, kemudian diadakan acara pentasan seni budaya bersama seluruh masyarakat & wisatawan di pelataran areal wisata TN Kelimutu. Jadilah saksi sejarah tradisi budaya Suku Lio di Danau Kelimutu!!

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini