Pembukaan Kegiatan Kuliah Lapangan di Stasiun Riset Cabang Panti Taman Nasional Gunung Palung

Senin, 16 Juli 2018

Ketapang, 16 Juli 2018. Balai Taman Nasional Gunung Palung melaksanakan kegiatan pembukaan Kuliah Lapangan pada hari Senin, 16 Juli 2018. Pembukaan ini dilaksanakan di ruang rapat Balai Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan kuliah lapangan ini akan dilaksanakan dari tanggal 16 – 27 Juli 2018 di Stasiun Riset Cabang Panti. Adapun peserta kegiatan kuliah lapangan ini berjumlah 12 orang yang berasal dari berbagai instansi diantaranya  Balai Taman Nasional Gunung Palung, KPH Ketapang Utara, KPH Ketapang Selatan, Yayasan ASRI, Yayasan IAR Indonesia, Yayasan Palung dan BKSDA Kalimantan Barat. Pembukaan ini juga dihadiri oleh Profesor Andrew J. Marshall dari University of Michigan sebagai salah satu narasumber dan pemateri selama kuliah lapangan ini berlangsung. Narasumber dan pemateri yang lain adalah Profesor Cheryl D. Knott dari Boston University.

Kegiatan pembukaan kuliah lapangan diawali dengan kata sambutan dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapak Suparto AS, S.E sekaligus membuka kegiatan kuliah lapangan ini secara resmi. Dalam sambutannya, Bapak Suparto menyampaikan kepada para peserta bahwa kesempatan kuliah lapangan ini harus digunakan sebaik mungkin oleh para peserta untuk belajar mengenai keanekaragaman hayati dan ekosistem yang ada di Stasiun Riset Cabang Panti Taman Nasional Gunung Palung. Beliau juga berpesan kepada para peserta untuk mempersiapkan fisik dan mental selama mengikuti kegiatan kuliah lapangan ini.

Setelah dibuka secara resmi, kegiatan pembukaan kuliah lapangan dilanjutkan dengan kuliah umum dari Profesor Andrew J. Marshall dengan judul materi “Pengenalan Hutan Hujan Tropis”. Adapun pokok bahasan yang dibahas pada kuliah umum ini yaitu tipe-tipe hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Peserta terlihat sangat antusias dan banyak bertanya terkait materi yang diberikan oleh Profesor Andrew J. Marshall. Materi berikutnya disampaikan oleh staff  PEH Balai Taman Nasional Gunung Palung Bapak Endro Setiawan, S.PKP dengan materi pokok “Photographic Tour of Gunung Palung Biodiversity”. Materi ini berisikan foto dan video tipe ekosistem dan keanekaragaman hayati yang ada di Taman Nasional Gunung Palung. Melalui kuliah lapangan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat konservasi dan pengetahuan para peserta mengenai keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan pembukaan diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta dan Profesor Andrew J. Marshall.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini