Implementasi SMART PATROL dalam pengelolaan TaNa Bentarum

Selasa, 05 Juni 2018

Putussibau 5 Juni 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTN Bentarum) mengadakan kegiatan pelatihan kompilasi data hasil monitoring biodiversity dan patroli pengamanan kawasan yang berbasis Smart Patrol.  Dalam pembukaannya Kepala Balai Besar TN Bentarum Arief Mahmud,  menegaskan bahwa dalam pengambilan data lapangan harus jujur, obyektif dengan metode yang tepat sehingga data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawaban. "Ambil data tidak boleh asal harus jujur dan mengedepankan obyektivitas", tegasnya. Selain itu dia kembali mengingatkan bahwa pengolahan data dengan formula yang benar akan memberikan masukan yang positif dalam pengelolaan biodiversity di Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum. "Metodologi yang digunakan harus ada referensinya, formulasinya harus benar sehingga datanya valid dan bisa dimanfaatkan", ujarnya di depan peserta.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan monitoring biodiversity dan patroli pengamanan kawasan hutan yang dilaksanakan di Sub DAS Embaloh dan Sub DAS Sibau kawasan Taman Nasional Betung Kerihun. Adapun pelaksanaan monitoring biodiversity dan patroli pengamanan kawasan yang berbasis smart patrol dilaksanakan pada  pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2018. Metode yang digunakan yaitu observasi dengan menyusuri lokasi-lokasi yang menjadi target patroli. Untuk di Sub DAS Embaloh dilakukan di 3 lokasi yakni Sungai Peang, Sungai Kupit, dan Sungai Mengkaok. Sedangkan di Sub DAS Sibau dilakukan di 3 lokasi yakni Sungai Sibau, Sungai Menyakan, dan Sungai Peyang.

Pendataan yang dilakukan dengan menggunakan Manual Tally Sheet yang dibagi menjadi 6 form tally sheet, yakni form posisi, fitur alam dan non alami, aktifitas ilegal, kehati flora, kehati fauna dan temuan satwa mati. Kendala yang dihadapi oleh Tim dalam implementasi Smart Patrol di lapangan yakni input data ke dalam aplikasi Smart Patrol. Oleh karena itu, guna mendukung kapasitas Tim Smart Patrol dalam input data di lapangan dalam aplikasi Smart, maka perlu kegiatan pelatihan kompilasi data hasil monitoring dan patroli berbasis Smart Patrol yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Juni 2018 di Sitroom Balai Besar TNBKDS.

Beberapa fokus yang menjadi pembahasan pada kegiatan ini adalah merumuskan format tabulasi data dalam bentuk format excel, kompilasi data dari Sub DAS Sibau dan Sub DAS Embaloh, persiapan data dan entry data ke dalam aplikasi Smart Patrol. Adapun persiapan data meliputi persiapan data spasial dan data tabular. Data tabular merupakan back up tally sheet dari lapangan ke dalam format excel. Data ini juga menjadi basis data untuk pivot analisis. Kemudian untuk hari berikutnya akan dilakukan diskusi evaluasi kegiatan patroli yang sudah dilakukan di TNBK dan rekomendasi untuk rencana tindak lanjut kegiatan patroli dan manajemen data.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama antara pihak Balai Besar TNBKDS dengan WWF Program Kalimantan Barat. Kegiatan ini diikuti oleh Pengendali Ekosistem Hutan, Polisi Kehutanan dan Penyuluh Kehutanan dan didampingi WWF Program Kalimantan Barat.

 

Sumber : Ahmad Rindoan, S.Hut - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini