Buka Bersama Sambil Evaluasi Penataan Pengunjung Di View Poin Penanjakan TN Bromo Tengger Semeru

Selasa, 05 Juni 2018

Probolinggo, 5 Juni 2018. Rapat evaluasi penataan penanjakan dirangkai dengan kegiatan buka bersama TNBTS dan para pihak dilaksanakan tanggal 4 Juni 2018 di Hotel Java Jiwa di Cemoro Lawang Kabupaten Probolinggo. Rapat evaluasi dihadiri oleh para pihak terkait diantaranya : Pejabat Struktural dan staf TNBTS, Perwakilan Dinas Perhubungan Pasuruan Kab Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang; Muspika Pasuruan, Lumajang, Malang dan Probolinggo; Perwakilan TNI dan Polri Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo; Paguyuban wisata ( jeep, ojek, kuda, pkl), PHRI, Pokdarwis masyarakat Desa Ngadisari dan Wonokitri yang di pimpin langsung oleh Kepala Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru Ir. John Kenedie, MM.

Rapat membahas perkembangan tindak lanjut kesepakatan penataan penanjakan serta kendala dalam pelaksanaannya, diantaranya: pembuatan parkir jeep dan ojek di Simpang Tatal, pemasangan wadah kotoran Kuda, penertiban kelengkapan kendaraan bermotor baik jeep dan ojek (plat nomor, surat kendaraan, helm, maksimal jumlah penumpang), serta pemakaian seragam / uniform pelaku wisata (memakai udeng khas Tengger). Dalam kesempatan sambutan John Kenedie menyampaikan bahwa : pertemuan ini merupakan pertemuan yang ke tiga kali untuk diskusi dan sharing persoalan yang muncul dalam pengelolaan wisata khususnya persoalan parkir view point Penanjakan. John berharap komitmen yang sudah disepakati oleh pihak pada pertemuan pertama betul-betul dilaksanakan oleh para pihak. Wisata TNBTS merupakan "kue" bersama yang diharapkan mampu memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh karenanya perlu dukungan semua pihak agar pengelolaan wisata TNBTS semakin optimal dan berkesan bagi pengunjung bukan malah sebaliknya."

Lebih lanjut Kepala Seksi PTN I, Sarmin S.Hut menyampaikan bahwa, "pembuatan tempat parkir (Blok Tatal) saat ini sudah dilakukan kerjabakti pembersihan dan jalan lokasi parkir tetapi masih membutuhkan alat berat untuk meratakan area parkirnya. Adapun lokasi tempat parkir berada sekitar 80 meter dari jalan menuju view poin penanjakan (dekat dengan Mesjid BSM) dan diperkirakan dapat menampung 700 kendaraan jeep. Dari Lokasi kantong Parkir inilah pengunjung akan di distribusikan dengan menggunakan ojek ke lokasi yang dituju. Diharapkan pada liburan Lebaran 2018 ini sudah dapat digunakan. Selanjutnya agar pengelolaan Kantong Parkir tersebut lebih optimal akan di kelola oleh masyarakat (pokdarwis) Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kab Pasuruan."

Pada akhir acara John menyampaikan bahwa, "dukungan stakeholders yang hadir terhadap pengelolaan TNBTS khususnya penataan kantong parkir penanjakan yang merupakan persoalan urgen dan harus segera di realisasikan, mutlak diperlukan mengingat Penanjakan menjadi icon utama kunjungan wisata di TN Bromo Tengger Semeru pungkasnya." Setelah rapat evaluasi seluruh peserta melaksanakan buka bersama yang di fasilitasi oleh manajemen Hotel Java Jiwa Cemorolawang Kabupaten Probolinggo.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini