Dirjen KSDAE Temui Masyarakat Adat di Sekitar Taman Nasioal Lore Lindu

Selasa, 05 Juni 2018

Sigi, 5 Juni 2018. Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosistem (KSDAE) Bapak Ir. Wiratno, M.Sc melakukan kunjungan ke Taman Nasional Lore Lindu tepatnya kepada masyarakat adat Ngata Toro di Kabupaten Sigi dan masyarakat adat Tampo Pekurehua Tawelia di Kabupaten Poso, pada tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 2018.

Pada kunjungan Dirjen KSDAE ini didampingi oleh Tim Gugus Multipihak yang terdiri dari Antropolog Universitas Indonesia, Badan Registrasi Wilayah Adat, CIFOR, EPASS, LSM, perwakilan Ditjen PSKL dan Praktisi TORA. Selama kunjungan ini, Dirjen KSDAE selalu ditemani oleh Ir. Jusman (Kepala BBTNLL) yang mendampingi kunjungan ke Desa Toro dan Desa Wuasa.

Dirjen KSDAE dalam kunjungan ini memberikan pesan kepada pengelola Taman Nasional untuk menata suatu hubungan dan cara komunikasi dengan masyarakat termasuk masyarakat adat, karena masyarakat adat adalah saudara-saudara kita. Selain itu, disampaikan pula untuk menyambungkan hubungan dan sinergi antara perencanaan dan lembaga desa dengan sumber-sumber penghidupan yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu sehingga kemitraan bisa dibangun atas dasar 3M (mutual respect, mutual trust dan mutual benefits).

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini