Pembentukan Kelompok Tani Getah Damar di Negeri Saleman, SPTN Wilayah I Wahai

Senin, 04 Juni 2018

Saleman, 4 Juni 2018. Untuk mengakomodir pemanfaatan getah damar di zona pemanfaatan yang telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat di Negeri Saleman, Balai Taman Nasional melakukan Kegiatan Pembentukan Kelompok Tani Getah Damar di Negeri Saleman, SPTN Wilayah I Wahai.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2018 di Balai Desa Negeri Saleman dihadiri oleh 15 orang masyarakat, Kepala Pemerintahan Negeri Saleman, Ketua Saniri Negeri, Sekretaris Negeri, dan staf Balai TN Manusela sebagai  penyelenggara yang diketuai oleh John P Syaranamual, Polhut Balai TN Manusela, berhasil membentuk kelompok tani getah damar di Negeri Saleman dengan nama Kelompok Tani Sopania.

Pada kesempatan itu, Kepala Pemerintahan Negeri Saleman memberi dukungan terhadap upaya pembentukan kerjasama dalam pemanfaatan getah damar yang dilakukan oleh masyarakat Negeri Saleman yang telah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat secara turun temurun.

Jumrin Said, S.Hut selaku narasumber, dalam paparannya mengungkapkan bahwa pemanfaatan getah damar yang dilakukan masyarakat selama ini masih dilakukan secara tradisional dan menjadi perhatian oleh pemangku kawasan demi keberlanjutan sumber daya alam serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, setiap anggota kelompok yang telah didata akan mendapat tanda pengenal dan mengikuti Bimtek Pengelolaan Getah Damar. Selanjutnya dilakukan fasilitasi penyusunan dokumen kerjasama (PKS,RKL, dan RKT) dengan kelompok masyarakat.

Dengan adanya pembentukan kelompok tani getah damar di Negeri Saleman, diharapkan kegiatan pemanfaatan getah damar dapat terkontrol sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya dalam pengambilan getah damar dengan jaminan kelestarian kawasan.

 

Sumber : Jumrin Said - Balai Taman Nasional Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini