Masyarakat Pondok Kompeh Deklarasikan Sikap Siap Pendataan lahan di TNTN

Senin, 04 Juni 2018

SPW I LKB, MEI 2018 – Niat baik Balai TN. Tesso Nilo dalam melakukan pendataan lahan dikawasan TN. Tesso Nilo mendapat dukungan baik oleh masyarakat Pondok Kompeh dalam pendataan tahap II yang dilaksanakan TNTN pada kamis, 30 Mei hingga 3 April 2018.

Pada saat pertama sampai di Pondok Kompeh pada hari Rabu, 30 Mei 2018, tim pendataan lahan dari TN. Tesso Nilo  langsung menuju Ketua RW yang juga dijadikan sebagai Posko Pendataan sekaligus tempat menginap tim selama kegiatan. Dirumah ketua RW tersebut Tim dari TN. Tesso Nilo berkoordinasi dengan seluruh tokoh masyarakat untuk kegiatan pendataan lahan tahap II esok harinya. Pendataan dilaksanakan oleh 8 orang dati BTNTN, 3 orang MMP Bali, dan 7 orang masyarakat.

Pada Kamis, 31 Mei 2018, Kegiatan pendataan lahan tahap II dimulai sejak pagi hari dengan melanjutkan pendataan dan pengukuran lahan masyarakat yang belum terdata pada Tahap I. Pelaksanaan kegiatan pendataan dibagi menjadi 4 tim kecil yaitu 3 (tiga) tim mendata objek lahan dan 1 (satu) tim stanby di Posko memberikan pencerahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi.

pada sore harinya Pukul 17.00 Wib, atas diskusi dan keinginan masyarakat dilaksanakan acara " DEKLARASI PERNYATAAN SIKAP SIAP" oleh masyarakat Pondok Kompeh yang diwakili oleh Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan beberapa anggota masyarakat, dalam bunyi deklarasi : “Kami masyarakat dusun 5 Pondok Kompeh Desa Lubuk Batu Tinggal Kecamatan Lubuk Batu Jaya, kabupaten Inhil,  dengan ini menyatakan sikap, 1 . siap mendukung dan bekerjasama dengan pihak BTNTN untuk mempertahankan hutan tersisa, 2. Siap mendukung dan bekerja sama dengan pihak BTNTN mencegah terjadinya kebakaran hutan. 3. Siap menerima program kemitraan, dari pihak BTNTN, 4. Siap menerima program pemberdayaan ekonomi masyarakat dari pihak BTNTN. 5.siap mendukung pihak BTNTN dan Balai Penegakan Hukum , Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan penegakan hukum terhadap pengusaha atau pemodal yang menguasai lahan ratusan hektar. Pondok kompeh, rabu, 30 Mei 2018”.

“Pendataan tahap II sudah kita laksanakan di Pondok Kompeh, deklarasi dari masyarakat untuk mendukung program kita juga sudah dilaksanakan, semoga untuk kedepannya dapat kita selesaikan dengan sesuai harapan dari TNTN”, ungkap Ahmad Gunawan, S.Hut  Kepala Resort Air Hitam.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini