Suasana Kebersamaan Forum Ciremai

Minggu, 03 Juni 2018

Kuningan, 3 Juni 2018. Menjelang sore, waktu berbuka puasa sudah mulai dekat, obrolan ringan diselingi humor menambah keakraban. Kali ini bukan pegawai TN Gunung Ciremai (TNGC), namun para mitra yang sedang bersilaturahmi. Mereka adalah masyarakat pengelola wisata dan pemanfaat jasa lingkungan air yang tergabung dalam Forum Ciremai.

Sore itu, 31 Mei 2018 di bumi perkemahan Ipukan mereka berkumpul untuk membahas keterlibatan dalam perayaan HKAN yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2018 nanti. Bagi TNGC, keterlibatan Forum Ciremai sebagai keterwakilan dari mitra dalam setiap kegiatan eksternal maupun internal merupakan bagian yang tidak terpisahkan. "Masyarakat adalah subyek, bukan obyek" begitulah kira-kira makna kedaulatan rakyat yang didengungkan TNGC. Bukan berarti tidak tanpa kontrol, namun dengan memberikan kepercayaan bahwa alam yang ada di sekitar dapat bermanfaat tanpa merusaknya itu yang penting.

Secara perlahan, Forum Ciremai menjadi perpanjangan tangan TNGC yang ikut serta memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga hutan, fungsi dan manfaat taman nasional dan mengapa taman nasional harus dilestarikan. Tak jarang pula, jajaran pejabat pemerintah daerah yang mengerti apa itu konservasi sehingga terkadang memutuskan kebijakan yang tidak tepat. Dengan latar belakang profesi yang ada di Forum Ciremai seperti perusahaan swasta dan lembaga pendidikan dapat memberikan pemahaman, setidaknya bagi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Dengan semangat hari lahir Pancasila, dengan kebhinekaan mari bersama-sama kita menjaga kelestarian ekosistem Taman Nasional Gunung Ciremai, untuk generasi kini dan yang akan datang. [teks©?Nisa, foto ©? Forum Ciremai - BTNGC | 062018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini