Cerdas Cermat, Penutup Semarak Hari Keanekaragaman Hayati BBKSDA Papua

Kamis, 31 Mei 2018

Jayapura, 31 Mei 2018. Sebagai rangkaian terakhir memperingati Hari Keanekaragaman Hayati dan menuju Festival Cycloop 2018, Balai Besar KSDA Papua (BBKSDA Papua) adakan sosialisasi tumbuhan dan satwa liar, meningkatkan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati melalui cerdas cermat. Kali ini sasaran kegiatan adalah siswa-siswa tingkat SMA. Kegiatan ini berlangsung Kamis, (31/5) di Aula BBKSDA Papua, dihadiri lima sekolah yang diundang, masing-masing mengirimkan lima siswa beserta satu guru pendamping.

Berdasarkan diskusi di forum, semua siswa menyatakan ini kali pertama kegiatan penyuluhan keanekaragaman hayati dan cerdas cermat bertema senada mereka ikuti.

Cerdas cermat keanekaragaman hayati dimenangkan tiga tim dari sekolah yang berbeda. Juara pertama diraih tim dari SMAN 1 Jayapura. Sementara juara dua dan tiga diraih tim dari SMAN 4 dan SMAN 3 Jayapura.

Usai kegiatan, guru pendamping dari SMAN 4 Jayapura, Ibu Rosa, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru. Banyak wawasan baru, terutama mengenai keanekaragaman hayati dan konservasi yang mereka dapatkan. “Ternyata pengetahuan tentang konservasi itu sangat luas, dan Papua sungguh kaya,” ungkapnya.

Bagian pamungkas dari seluruh rangkaian kegiatan adalah dialog interaktif di radio Rock FM 101.1 MHz. Narasumber berasal dari BBKSDA Papua bersama Dinas Kehutanan Provinsi Papua serta USAID Lestari. Hal-hal yang dibincangkan dalam dialog interaktif antara lain mengenai layanan call center melalui Quick Respon di nomor 0823-9802-9978. Pada layanan tersebut BBKSDA Papua menerima pengaduan dari masyarakat terkait perburuan dan perdagangan TSL, juga mengenai gangguan di dalam kawasan konservasi. Selain itu dialog interkatif juga membincang Festival Cycloop yang digelar dengan berbagai kegiatan sepanjang tahun, dan puncaknya pada bulan November 2018.

Sumber : Dzikry el Han - Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini