Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Batas Ujung Negeri

Jumat, 01 Juni 2018

Putussibau, 1 Juni 2018. Hari ini 73 tahun lalu para pendiri bangsa melahirkan landasan ideologi bagi bangsa Indonesia bernama Pancasila. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNaBentarum) menggelar Upacara memperingati hari lahirPancasila. Peringatan Hari lahir Pancasila pada tahun 2018 inimengangkat tema “Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi. Peringatan hari lahir Pancasila juga dimaksudkanuntuk menampilkan prestasi-prestasi yang muncul karenadidukung oleh semangat kebersamaan dan saling menunjang. Dengan demikian masyarakat dapat melihat bahwa Pancasila juga telah menjadi inspirasi untuk berprestasi terutama bagi atletIndonesia yang akan bertanding dalam ASIAN Games.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar yang menjadi inspektur upacara mengutip pidato Presiden RI mengatakan bahwa kemajemukan sebuah bangsa adalah keniscayaan. Namun hal itu dapat menjadi modal dasar pembangunan dengan adanya pancasila sebagai pemersatu. “Negara manapun di dunia iniakan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk. Sering kali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh resiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan”, tegasnya. Kepala Balai Besar menambahkanbahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilansosial. “Merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkanfondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi danberprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa”, tuturnya di depan peserta upacara.

Upacara digelar di halaman depan kantor Balai Besar TaNaBentarum dimulai pukul 08.00 WIB. Pada peringatan yang bertepatan bulan ramadhan ini, bangsa ini diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat. Merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untukmencapai cita-cita bangsa.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini