Rapat Koordinasi Operasionalisasi SMART Lingkup BBTNKS

Rabu, 30 Mei 2018

Jambi, 30 Mei 2018. Fauna & Flora International (FFI-IP), sebagai mitra Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS), dengan dukungan dana proyek Transforming Effectiveness of Biodiversity Conservation in Priority Sumatran Landscapes (proyek Sumatran Tiger GEF – UNDP) menyelenggarakan rapat koordinasi operasionalisasi Spatial Monitoring And Reporting Tools (SMART) lingkup BBTNKS. Rapat ini sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas admin SMART dalam pengelolaan basis data di lingkup BBTNKS.

Rapat koordinasi operasionalisasi sistem SMART lingkup BBTNKS ini dilaksanakan pada tanggak 28-29 Mei 2018 bertempat di Hotel Arafah Sungai Penuh, Propinsi Jambi, dan merupakan pertemuan kedua di tahun 2018. 

Peserta yang hadir dalam rapat koordinasi ini sebanyak 22 orang yang merupakan admin data SMART di tingkat balai besar, admin data SMART di tingkat bidang wilayah pengelolaan TN, admin data SMART di tingkat seksi wilayah pengelolaan TN, admin data SMART PHS-KS, admin data SMART MHS-KS, serta admin data SMART Lingkar Institute.

Plt. Kepala BBTNKS Bapak Agusman, S.P., M.Sc yang hadir membuka acara menyatakan bahwa hasil evaluasi pertemuan ini akan ditindaklanjuti dalam rapat koordinasi struktural BBTNKS yang akan dilangsungkan pada tanggal 30 Mei 2018 ini di kantor BBTNKS. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan sistem SMART di lingkup BBTNKS dan mendukung pembangunan situation room Direktorat Jenderal KSDAE yang terintegrasi dan berbasis data lapangan dengan adanya sistem SMART.

Bapak Andrinaldi Adnan, S.Hut, M.Sc., selaku Pejabat Pembuat Komitmen Daerah pada proyek Sumatran Tiger GEF – UNDP juga ikut duduk bersama dalam kegiatan ini. Berbagai upaya yang telah dilakukan, baik itu dalam bentuk training maupun rapat koordinasi terkait sistem SMART diharapkan dapat memberikan dampak positif yang tentunya akan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja pengelolaan BBTNKS.

Bapak Donny Gunaryadi selaku Head of Biodiversity FFI – IP menjadi narasumber sekaligus fasilitator dalam rapat ini. Beberapa materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah mengenai overview hasil/capaian data SMART periode Januari-April 2018 di lingkup BBTNKS; dan penyampaian progress POKJA SMART Nasional. Pada hari kedua dilanjutkan diskusi operasionalisasi SMART di lingkup BBTNKS berikut SOP, kendala beserta solusinya; finalisasi dan update data lapangan SMART lingkup BBTNKS; dan pengenalan SMART versi 5.0.3 (terbaru) kepada admin lingkup BBTNKS (termasuk mitra).


Sumber : Balai Besar TN Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini