BKSDA Sulteng Kampanye Pengendalian Karhut

Sabtu, 26 Mei 2018

Palu, 28 Mei 2018. Balai KSDA Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan melalui kampanye di Cagar Alam Tanjung Api Kabupaten Tojo Una Una. Kampanye Karhutla ini diadakan mulai tanggal 11 s/d 15 Mei 2018 yang bertempat di sekolah-sekolah dan desa yang berada di sekitar kawasan Cagar Alam Tanjung Api. Diantaranya SDN 3 Ampana, SMPN 1 Ampana, SMKN 1 Labuan, dan sarana prasarana desa seperti posyandu dan kantor desa. Sasaran peserta kampanye adalah siswa dan guru serta masyarakat-masyarakat desa sekitar kawasan Cagar Alam Tanjung Api.

Metode kampanye yang digunakan dalam kegiatan ini berupa penyampaian materi dan diskusi mengenai pengenalan secara umum mengenai BKSDA dan kehutanan, pengertian kebakaran hutan, dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan, dan cara-cara pengendalian kebakaran hutan. Dari proses diskusi dapat dilihat ketertarikan siswa dan masyarakat mengenai pentingnya menjaga hutan agar dihindarkan dari akibat kebakaran hutan yang dapat berdampak pada kerusakan hutan serta kenyamanan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan Melalui Kampanye ini dapat terus berlanjut di sekitar kawasan hutan konservasi lainnya mengingat semakin rawannya terjadi kebakaran hutan di Indonesia dikarenakan masih kurangnya peran masyarakat dalam melaksanakan pengendalian kebakaran hutan.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini