Status Waspada, Bendera Kuning Bridalkarhut Berkibar

Sabtu, 26 Mei 2018

Baluran, 26 Mei 2018. Bendera kuning Brigdalkarhut telah berkibar. Di lingkungan kantor Balai Taman Nasional Baluran terlihat bendera kuning dengan Logo Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) terlihat telah terpasang di tiang. Yang artinya bahwa saat ini Taman Nasional Baluran dalam kondisi waspada akan terjadinya kebakaran hutan.

Memang hampir setiap tahun kawasan Baluran selalu terjadi kebakaran hutan. Keadaan wilayah yang sangat kering, hamparan savanna (padang rumput) yang luas merupakan kondisi “ideal” untuk berpotensi terbakar.

Status waspada inilah yang mendasari dilakukannya koordinasi dan konsolidasi internal Balai Taman nasional Baluran dalam penanggulangan kebakaran hutan pada hari Rabu (22/5/2018). Dihadapan Kepala Balai serta para pejabat eselon IV dan para undangan, Brigdalkarhut Bos javanicus memaparkan rencana kegiatan yang akan dilakukan sepanjang tahun 2018 terkait dengan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan di Baluran.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya Sosialisasi dan pencegahan Kebakaran Hutan melalui media cetak, patroli deteksi dini, pembuatan sekat bakar, penyegaran Masyarakat Peduli Api hingga pemeliharaan peralatan pemadaman sampai pemadaman langsung di lapangan saaat terjadi kebakaran hutan. (MIQ/Taman Nasional Baluran).

Sumber : Balai Taman Nasional Baluran

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini