Pelatihan Pemandu Wisata, Wujud Implementasi Role Model Balai TN Wakatobi

Sabtu, 26 Mei 2018

Sombano, 26 Mei 2018. Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kaledupa Balai Taman Nasional Wakatobi mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata yang merupakan salah satu bagian program Role Model Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat (24-26/5). Pelatihan ini dibuka secara langsung Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi Dr. Heri Santoso, S.Pi., M.Si. Peserta yang mengikuti berjumlah 20 (dua puluh) orang berasal dari masyarakat Desa Sombano, terdiri dari anggota kelompok masyarakat binaan TN Wakatobi meliputi Kelompok Ekowisata Taduno, Kelompok Pertanian Bawang Merah, Perwakilan Masyarakat Pemilik Homestay, Perwakilan Masyarakat Pemilik Jasa Transportasi Darat dan Laut serta unsur aparat pemerintah Desa Sombano.

Narasumber yang terlibat berasal dari Balai Taman Nasional Wakatobi (Dr. Heri Santoso, S.Pi., M.Si dan La Fasa, S.Sos., M.H.), WWF-SESS (Martina Rahmadani), dan Forkom Dewi Bali (I Ketut Punia). Beberapa materi yang disampaikan diantaranya kebijakan pengelolaan TN Wakatobi dalam pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, pengenalan interpretasi, pengantar pengelolaan destinasi, teknik dan komunikasi pemandu wisata serta strategi pengembangan Desa Wisata juga dilakukan penerapan materi melalui praktek pemanduan ekowisata.

Pelatihan ini sebagai bentuk proses penguatan implementasi role model, untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kelompok masyarakat dalam kegiatan pemanduan wisata dalam rangka mengembangkan ekowisata berbasis masyarakat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di Desa Sombano. Tindak lanjut dari pelatihan pemandu wisata ini adalah terbentuknya kelompok pemandu wisata di Desa Sombano sebagai upaya pengembangan pengelolaan ekowisata (wisata pantai) yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat Desa Sombano yaitu Kelompok Ekowisata Taduno.

Sumber : Balai Taman Nasional Wakatobi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini