Dalam Rangka Pengelolaan Sitroom, Balai KSDA Sumatera Selatan Adakan Inhouse Training Pengelolaan Data Spasial

Rabu, 23 Mei 2018

Palembang, 23 Mei 2018. Pengelolaan kawasan konservasi, data yang valid dan merupakan hal yang penting. Situation Room (Sitroom) merupakan pusat data dan informasi digital yang dibangun di Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE).  Data dapat diakses dan diakses setiap saat sehingga dapat berguna sebagai pendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat.

Dalam rangka pengelolaan sitroom, Balai KSDA Sumatera Selatan mengadakan inhouse training pengelolaan data spasial pada tanggal 22-23 Mei 2018 di ruang rapat Balai KSDA Sumatera Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SKW I, II, III, staf fungsional dan staf pelaksana dari kantor balai, SKW I, II, dan III. Nara sumber kegiatan terdiri dari 3 yakni akademisi, pejabat Direktorat Kawasan Konservasi, dan ahli bidang IT. Materi yang disampaikan pada kegiatan inhouse training antara lain pembangunan aplikasi berbasis data, konsep Resort Based Management (RBM), webgis, praktek pengumpulan data dan penginputan data di system serta analis data pendukung sistem.

Dengan adanya peningkatan kapasitas pengelolaan data spasial diharapkan data akan semakin baik, valid, dan time series sehingga selanjutnya dapat dilakukan analisis terhadap data tersebut yang nantinya berguna dalam penyelesaian permasalahan khususnya di kawasan konservasi.

 

Sumber : Agnes Indra Mahanani - KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini