Pelatihan Pengoperasian Dan Pengolahan Data Hasil Drone

Rabu, 23 Mei 2018

Bandung, 23 Mei2018. Sejak tahun 2017 Balai Besar KSDA Jawa Barat telah melengkapi sarana prasarana pengelolaan kawasan konservasi berupa Drone yang terdistribusi di Kantor Balai Besar KSDA Jawa Barat dan Bidang KSDA Wilayah. Dalam rangka optimalisasi penggunaan Drone tersebut, pada hari Selasa, 22 Mei 2018, Balai Besar KSDA Jawa Barat telah mengadakan Pelatihan Pengoperasian Dan Pengolahan Data Hasil Drone bertempat di kantor Balai Besar KSDA Jawa Barat dan sekitarnya dengan peserta sebanyak 60 orang yang berasal dari perwakilan Balai Besar KSDA Jawa Barat, Bidang KSDA Wilayah, Seksi Konservasi Wilayah, Resor Konservasi Wilayah dan para pemegang Izin Usaha Pemegang Sarana Wisata Alam (IUPSWA) lingkup Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat dengan narasumber dari CV. Robotix Geosolusion. Adapun maksud pelatihan adalah untuk mengenalkan cara pengoperasian dan cara pengolahan hasil Drone, sedangkan tujuannya antara lain agar setiap petugas baik yang berada di tingkat Resort sampai dengan tingkat Balai memahami tentang tata cara pemakaian dan pengolahan data hasil Drone sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Pelaksanaan pelatihan disampaikan dalam bentuk teori dan praktek, untuk teori dan pengolahan data dilaksanakan di ruang rapat Balai Besar KSDA Jawa Barat sedangkan untuk praktek dilaksanakan di areal pesawahan sekitar kantor Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan sekaligus arahannya, Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Ir. Sustyo Iriyono, MSi., menyampaikan bahwa para peserta agar serius mengikuti pelatihan ini dan dapat mengimplementasikan materi pelatihan di lapangan sehingga data kawasan konservasi selalu ter-update karena data yang diperoleh dari pesawat Drone sangatlah detail baik dari segi visual maupun dari segi luasan karena data yang diperoleh nantinya diproses dengan menggunakan Tools ArcGis sehingga dapat mengetahui luasan dan lokasi dari data yang diambil.

 

Sumber : BBKSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini