SIMATA TAKA (Sistem Manajemen Data Taman Nasional Taka Bonerate).

Selasa, 22 Mei 2018

Benteng - Kepulauan Selayar (21 Mei 2018). Setelah beberapa bulan lalu pengisian form tally sheet, hari ini sampai tiga hari kedepan (21-23 Mei 2018) akan dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Operasional Aplikasi secara menyeluruh ke petugas lapangan dan staf Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR).

Sistem Manajemen Data ini diberi nama SIMATA TAKA (Sistem Manajemen Data Taman Nasional Taka Bonerate).

Sistem ini dibagi menjadi beberapa konten yaitu : Sistem Room, Sistem Monitoring Online, E-Simaksi, Aplikasi Tata Persuratan dan Data Based Online.

Sistem atau aplikasi ini dapat dioperasikan untuk OS Windows dan Android. Secara umum aplikasi tersebut digunakan sebagai alat bantu manajemen data dan informasi sehingga dapat lebih memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan.

Aplikasi ini dibangun oleh pihak Gamma Media Solusindo, salah satu konsultan IT terkenal dari Jawa Tengah.

Bertempat di Aula Pertemuan Balai TNTBR, kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate Faat Rudhianto dan dihadiri Kasubag. TU, Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah I dan II, Petugas Lapangan serta staf Balai TNTBR.

"Kedepan, data dan informasi dari teman-teman lapangan, persuratan, permohonan Surat Izin Masuk Kawasan akan berbasis online, dan akan disajikan dalam satu aplikasi untuk diakses oleh masyarakat secara luas, mudah dan terbuka" ucap Faat Rudhianto.

Ada 9 item utama yang akan diisi oleh petugas lapangan (pelapor) di aplikasi Android Si Mata Taka yaitu : Gangguan Kawasan, Koordinasi, Pelayanan Pengunjung, Pembinaan Habitat, Pembinaan Masyarakat, Pengamatan Kondisi Cuaca, Sosialisasi dan Penyuluhan, Perjumpaan Biota Laut dan Perjumpaan Tumbuhan dan Satwa Liar Pulau.

Diharapkan dengan terbangunnya sistem manajemen data berbasis online ini, dapat mempermudah rekapitulasi data series dan pengelolaan Balai TN. Taka Bonerate kedepan makin baik.

Sumber : Asri - PEH TN. Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini