Hari Kebangkitan Nasional dari Ujung Batas Negeri

Senin, 21 Mei 2018

Putussibau, 21 Mei 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum peringati hari Kebangkitan Nasional tahun ke 110 tahun 2018. Upacara dilaksanakan pukul 08.30 WIB diikuti seluruh Pejabat serta pegawai di lingkungan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum. Setiap tanggal 20 Mei bangsa kita memperingati hari kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tahun ini peringatan upacara Hari Kebangkitan Nasional dilaksanakan pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018 dengan mengusung tema  “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”. Tema ini mengandung makna kekayaan alam, betapapun, merupakan sumber daya yang terbatas. Butuh segudang prasyarat untuk bisa dieksploitasi, pun selalu ada limit untuk menggenjot pemanfaatannya. Sedangkan sumber daya manusia kita menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang sangat luas untuk dikembangkan. Kebangkitan sumber daya manusia Indonesia secara bersama-sama dan kompak, tanpa terdistraksi oleh godaan-godaan yang kontraproduktif, akan membawa kepada kejayaan bangsa, selain secara otomatis bagi individu-individunya sendiri.

Saat ini ditengah maraknya dunia digital dengan konten negatif yang berpotensi memecah belah bangsa, Kepala Bagian Tata Usaha, Murlan Dameria Pane selaku Inspektur Upacara mengutip pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika menekan pentingnya ikatan persatuan sebagai sebuah bangsa. “….Bung Karno juga menggambarkan persatuan bangsa seperti layaknya sapu lidi. Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat?"ujarnya.

Ditambahkannya, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga dimaknai dengan berkontribusi secara positif kepada masyarakat, bangsa dan negara. “Semoga Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga bisa kita maknai di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang” pungkasnya

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini