267 Karung Sampah Plastik Kembali Diangkut dari Pulau Bunaken

Jumat, 18 Mei 2018

Bunaken, 18 Mei 2018. Pertengahan Bulan Mei, sebanyak 267 karung sampah yang didominasi botol plastik kembali di bawa ke Manado dari Pulau Bunaken. Pendistribusian sampah melalui angkutan perahu, selanjutnya di transfer dengan angkutan truk sampah di daratan. Dimana sebelumnya pada tanggal 28 April 2018 lalu secara serentak telah dilakukan Gerakan Malendong Bersih-Bersih Bunaken yang mengangkut lebih dari 2 ton sampah plastik.

Frans Motto sebagai koordinator Resort Bunaken mengemukakan semenjak beberapa bulan terakhir di tahun 2018, sampah-sampah plastik yang terkumpul dari petugas kebersihan di Pulau Bunaken, dari turis saat menyelam, serta masyarakat binaan Balai TN Bunaken, kami jadikan satu dalam karung, selama ini kami timbang beratnya bervariasi antara 4 - 6 kg.

Dan untuk kali ini, sebanyak 267 karung kami transfer ke daratan untuk di bawa ke tempat pembuangan akhir (TPA), jika di bobot semua kurang lebih sekitar 1,3 ton. Pengumpulan sampah tersebut dilakukan selama 3 minggu di bulan Mei 2018.

130 orang perwakilan dari Poltekes seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai di seputaran Pantai Liang di Bunaken. Sebagai perwakilan lembaga kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kegiatannya, apalagi pihak Poltekes juga menyerahkan 2 buah tong sampah pembakaran sederhana, semoga dengan kegiatan yang Bapak dan Ibu lakukan akan memberikan sosialisasi meluas dan mulai dari sekarang kita akan sadar dampak sampah-sampah yang terbawa sampai ke Pulau Bunaken, sambung Motto.

Kepala SPTN Wilayah I, Arma Janti menyampaikan bahwa pengangkutan dan distribusi sampah dari Pulau Bunaken untuk dibawa ke daratan tidak lepas dari peran dan kontribusi para pihak. Dalam hal ini kami dari Balai Taman Nasional Bunaken bekerjasama dengan Pemerintah Kota Manado melalui Kecamatan Bunaken Kepulauan, Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara serta jasa operator wisata yang berperan aktif dalam pembersihan sampah dan perairan.

Dalam kesempatan lain, Kepala Balai TN Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si, selalu menyampaikan, kami telah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam mensosialisasikan dan mengatasi permasalahan di Bunaken, pelajaran berharga bagi kita untuk selalu menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini