Penataan Pantai Liang, Pintu Masuk TN Bunaken

Jumat, 18 Mei 2018

Bunaken, 18 Mei 2018. Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan menginisiasi pertemuan bersama Balai Taman Nasional Bunaken dengan pedagang kios di Pantai Liang - Bunaken guna penataan lokasi penjualan. Pertemuan ini bertempat di RM. Dabu-Dabu Elisa, Pantai Liang, Pulau Bunaken.

Pantai Liang merupakan pintu masuk di Pulau Bunaken, Taman Nasional Bunaken, sebanyak 29 orang dari perwakilan pedagang/ kios, penjual souvenir dan cinderamata, perwakilan rental snorkelling, perwakilan Rumah Makan, petugas Resort Bunaken dan SPTN Wilayah I serta pihak Muspika yakni , Polsek Bunaken dan Koramil Tuminting hadir dalam pertemuan tersebut.

Frans Motto selaku koordinator Resort Bunaken menyampaikan "pedagang yang di kios, rental alat snorkelling, penjual souvenir, Rumah makan bersedia untuk ditertibkan agar Pantai Liang rapi dan asri".

Dalam kesempatan lain, Kepala Seksi PTN Wilayah I, Arma Janti Massang, S.Hut, M.Si menyampaikan penataan kawasan di Pantai Liang sebagai upaya bersama antara Balai Taman Nasional Bunaken bersama dengan Pemerintah Kota Manado melalui Kecamatan Bunaken Kepulauan, dalam menjaga kerapian dan keindahan, area ini merupakan pintu masuk wisatawan yang berkunjung di Bunaken, sehingga kami berharap rasa nyaman hadir bersama pengunjung yang datang.

Hal ini sebagaimana arahan dari Kepala Balai TN Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si bahwa dalam rangka memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang di Bunaken, perlu dilakukan penataan pedagang, baik penjual souvenir, rumah makan, kios, dan rental peralatan, agar tidak lagi kelihatan kumuh seperti ini, tutur Kepala Balai.

Menurut Markus Tamamengkeng, perwakilan dari Rumah Makan, bahwa prinsipnya kami bersedia mengikuti pengaturan atau penataan yg dilakukan oleh pemerintah agar Pantai Liang bisa lebih asri dan tidak kumuh seperti sekarang.

Dari hasil pertemuan rapat koordinasi tersebut telah disepakati beberapa hal, antara lain hari Senin (21/5/2018) akan dilakukan pembongkaran bangunan eks DPTNB yang telah rusak dan tidak terawat, serta terdapat beberapa bangunan pedagang yang akan di pindahkan ke bagian lain. Adapaun personil yang turut serta dalam pembongkaran, pemindahan dan pembersihan juga berasal dari Kecamatan Bunaken Kepulauan dan Koramil Tuminting.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini