Warga Ranupani Bersihkan Gulma Salvinia

Minggu, 20 Mei 2018

Malang, 20 Mei 2018. Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersama masyarakat Desa Ranupani kerjabakti melakukan pembersihan salvinia / kiambang (Salvinia molesta) di Ranupani, Minggu, 20 Mei 2018. Pembersihan Ranupani dari salvinia kali ini merupakan kelanjutan dari pembersihan yang dilakukan sebelumnya yang baru bisa membersihkan sekitar 60% dari luas danau 4 ha.

Menurut Agung Siswoyo, Kepala Resort Ranupani "kerjabakti kali ini berhasil membersihkan salvinia sampai jalur Ranupani ke Ranu Regulo, sehingga hari ini diperkirakan 65% permukaan danau bersih dari salvinia".

Saat ini ekosistem Ranupani menghadapi permasalahan yaitu tertutupnya permukaan ranu oleh Ki Ambang atau lebih dikenal dengan Salvinia molesta. Salvinia molesta merupakan salah satu jenis invasif asing yang berasal dari Amerika Selatan yang sampai saat ini belum terdefinisikan bagaimana jenis invasif ini sampai menutupi permukaan Ranupani.

Pembersihan Salvinia di Ranupani dilakukan dengan metode manual menggunakan alat sederhana, berupa bambu, garpu samoah, tampar dan perahu untuk mengangkut Salvinia ke tepi ranu. Kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini tetapi akan terus digelorakan sampai dengan permukaan Ranupani bersih 100% dari gangguan Salvinia.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini