Ingin Kembangkan Edelweis TN Kelimutu Kunjungi TN Bromo

Jumat, 11 Mei 2018

Wonokitri, 11 Mei 2018. Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) kedatangan 2 personil TN Kelimutu, Nusa Tenggara Timur yakni Joko Waluyo merupakan Kasubag TU dan Fendra Suarmadi salah Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TN Kelimutu, untuk belajar pengembangan dan budidaya bunga edelweiss di Desa Edelweis Wonokitri. Desa Wonokitri merupakan desa penyangga yang terdapat di Resort PTN Gunung Penanjakan, BBTNBTS, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Pasuruan.

Di Kantor Resort PTN Gunung Penanjakan keduanya didampingi langsung oleh “Sukaris” sebagai salah satu Petugas TNBTS pendamping Desa Edelweiss di Wonokitri serta “Mike” dari Kelompok Tani Desa Edelweiss Hulun Hyang, Desa Wonokitri. Kedua tamu istimewa diberikan penjelasan mengenai cara budidaya edelweiss menggunakan biji bunga edelweiss serta berkeliling Desa Wonokitri untuk melihat langsung edelweiss-edelweiss yang dibudidayakan oleh masyarakat Desa Wonokitri.

BBTNBTS telah berhasil membudidayakan Edelweiss sejak tahun 2014. Setelah serangkaian ujicoba dan penelitian, tahun 2017 TNBTS mulai menginisiasi Program Desa Edelweiss yang dikemas dalam bentuk pemberdayaan masyarakat di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan dan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Program Desa Edelweiss ini untuk memenuhi kebutuhan bunga edelweiss yang digunakan dalam Upacara Adat dan Budaya Tengger serta menjadi destinasi wisata mendukung Bromo Tengger Semeru yang telah ditetapkan Presiden sebagai salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.


Sumber: Birama Terang Radityo - BBTN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini