Kegiatan Pembinaan dan Penyadartahuan Tentang Kebakaran Hutan dan Lahan di Taman Nasional Berbak dan Sembilang

Selasa, 15 Mei 2018

Jambi, 15 Mei 2018, dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan di sekitar kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang serta dalam rangka menyukseskan Asian Games Tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, telah dilakukan kegiatan Pembinaan dan penyadartahuan pengendalian kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat di Desa Simpang Datuk, sebagai upaya pencegahan dini, serta mengajak masyarakat agar peduli dengan hutan dan lahan dan kegiatan ini di support melalui Proyek Hibah RI-Norwegia.

Desa Simpang Datuk merupakan salah satu desa yang berbatasan dengan kawasan TNBS, Desa Penyangga yang terletak di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menjadi skala Prioritas kegiatan pembinaan dan penyadaratahuan, karena pada tahun 2015 terjadi kebakaran yang cukup besar di desa ini bahkan sampai memasuki kawasan TN Berbak dan Sembilang, disamping itu juga merupakan hutan dan lahan yang berada di kawasan gambut Pantai Timur Provinsi Jambi, yang sangat rawan akan ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan Pembinaan dan penyadartahuan ini dilaksanakan kerjasama dengan Pihak Kecamatan, Koramil dan Kapolsek Kecamatan Nipah Panjang, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2018, bertempat di Balai Desa Simpang datuk, yang lebih dari 35 orang Peserta dari masyarakat, yang terdiri dari perwakilan Dusun, Lembaga Adat, Staf Kantor Desa Simpang Datuk, Perwakilan dari Perusahaan PT. Mitra yakin Jaya.

Untuk penyampaian materi dalam kegiatan ini, disampaikan oleh (1) Syamsul Bahri, SE (Kepala SPTN Wil 1)  dengan materi Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan; (2) IPTU Pol VIKTOR H. TAMBA, A.Md (Kaplosek Nipah Panjang), dengan Materi Kebakaran hutan dan Lahan dari Aspek Hukum, dan Kapten Inf. Adil Tarigan (Danramil Nipah Panjang) dengan materi Dalam Cinta dan Bela Negara terkait Penngendalian Kebakaran Huta dan lahan, dalam penyampaian materi cukup ditanggapi positif oleh peserta, bahkan peserta mengharapkan adanya pembentukan regu Masyarakat Peduli Api yang berasal dari masyarakat desa Simpang Datuk, serta penyusunan Peraturan Desa (PERDES) terkait dengan pengendalian Kebakaran hutan dan lahan di desa Simpang Datuk.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TN Berbak dan Sembilang yang diwakili oleh Syamsul Bahri, SE (Kepala SPTN Wilayah I), dan dihadir unsur perwakilan Dusun, Lembaga Adat, Staf Kantor Desa Simpng Datuk, Perwakilan dari Perusahaan PT. Mitra yakin Jaya, juga unsur TNI dan Polri.

Kegiatan ini ditanggapi serius oleh masyarakat, hal terlihat dari 30 orang rencana peserta dan yang hadir mencapai 40 orang, dan dalam acara diskusi telah terbentuk sebuah Berita Acara Kesepakatan yang ditanda tangani bersama Para Pihak berkaitan dengan upaya pencegahan dan pengendalian Kebakaran hutan dan lahan yaitu Tokoh masyarakat Desa Simpang Datuk, PT Mitra Yakin Jaya, Koramil Nipah Panjang, TN.Berbak dan Sembilang dan Polsek Nipah Panjanh untuk melakukan pencegahan dini serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara bersama.

Sumber :Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini