Belajar Hidroponik Seru Bersama Dharma Wanita Balai TN Bunaken & BKSDA Sulut

Minggu, 13 Mei 2018

Manado, 11 Mei 2018. Anggun, rapi dan cantik begitulah dandanan Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (BKSDA Sulawesi Utara) dan Balai Taman Nasional Bunaken guna belajar budidaya tanaman hidroponik. 

Sebanyak 16 Orang Ibu anggota DWP Balai TN Bunaken dan BKSDA Sulawesi Utara berkunjung ke Mdc HydroFarm di Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang Kota Manado. Kunjungan rombongan dipimpin langsung Ketua DWP UPT KLHK Sulawesi Utara, Ibu Arma Janti Massang, S.Hut, M.Si. 

Dalam sambutan singkatnya, Arma Janti menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mengetahui cara budidaya tanaman hidroponik,  dan dapat bermanfaat untuk anggota dharma wanita, sehingga dapat mengoptimalkan lahan sempit di pekarangan masing-masing. 

Selain itu dengan belajar tanaman hidroponik anggota DWP UPT KLHK Sulawesi Utara beserta keluarga dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang sehat dan bebas pestisida, dan  mengurangi pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sayur keluarga sehari-hari, bahkan kita berharap pengembangan budidaya tanaman hidroponik dapat menjadi bisnis sampingan keluarga, tambah Arma.

Rombongan dharma wanita diterima dengan sangat ramah oleh pemilik Mdc HydroFarm, Tommy Dani. Tommy langsung menjelaskan budidaya tanaman hidroponik dari proses pembibitan hingga pemanenan, tanaman sayuran jenis lokal hingga jenis sayur yang berasal dari luar negeri seperti kale yang merupakan jenis sayur bergizi tinggi yang didatangkan bibitnya dari Rusia.

Menurut Tommy budidaya tanaman hidroponik cocok diterapkan di pekarangan rumah. Kontrol tanaman mudah dan tidak menyita banyak waktu, sangat sesuai untuk masyarakat perkotaan. 

Anggota dharma wanita Balai TN Bunaken dan BKSDA Sulawesi Utara sangat antusias saat dipersilahkan untuk memanen sayur-sayur yang telah dibudidayakan oleh pemilik Mdc HydroFarm untuk dibawa pulang. 

Sumber : Adi Tri Utomo - Calon PEH Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini