Usung Ekowisata Kawah Ijen, BBKSDA Jatim Raih Trofi di IBEX 2018

Minggu, 13 Mei 2018

Sidoarjo, 13 Mei 2018. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim) giat promosi ekowisata dan kawasan konservasi salah satunya dengan mengikuti beberapa event pameran. Event Indonesia Biodiversity and Conservation Expo (IBEX) di Mega Mall Batam provinsi Kepulauan Riau diikuti BBKSDA Jatim selama 4 hari mulai tanggal 10 s.d 13 Mei 2018.

Dalam event ini, stand BBKSDA Jatim memperoleh predikat dan trofi stand terbaik pertama untuk kategori ecotourism. BBKSDA Jatim mengusung TWA Kawah Ijen sebagai salah satu destinasi ekowisata di Jawa Timur.

Seiring dengan upaya pembenahan pengelolaan dan promosi yang dilakukan, tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara di TWA Kawah Ijen semakin meningkat.  Hal ini sesuai  informasi yang disampaikan Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 18 Kawah Ijen, Sigit Haribowo, bahwa jumlah pengunjung di TWA Kawah Ijen pada hari sabtu dini hari 13 Mei 2018 sampai dengan pkl.  11.00 wib berjumlah 1.175 wisatawan lokal dan 107 wisatawan asing.

Peningkatan jumlah pengunjung merupakan tantangan bagi BBKSDA Jatim untuk melakukan strategi pengelolaan kawasan secara tepat.  Disatu sisi untuk peningkatan PNBP bagi Negara,  di sisi lain harus menjaga kelestarian kawasan dan meminimalisir dampak kegiatan wisata yang mengakibatkan kerusakan kawasan.

Salah satu keindahan alam Gunung Ijen adalah fenomena blue fire yang hanya ada di Indonesia dan di Islandia, inilah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini. Selain blue fire,  pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian sekitar 2.400 mdpl, menikmati matahari terbit setelah melihat blue fire.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini