Hasil Transplantasi Masyarakat Tumbuh Besar

Minggu, 13 Mei 2018

Pulau Jinato - TN. Taka Bonerate, 12 Mei 2018. Hasil selalu sejalan dengan kerja keras,  hasil kegiatan Monitoring Transplantasi di Pulau Jinato (08 sd. 12 Mei 2018) memiliki persentase tumbuh mencapai 95% dari 300 rangka yang terpasang.

Tim monitoring terdiri dari fungsional Pengendali Ekosistem, staf lapangan dan masyarakat melaporkan bahwa persentase pertumbuhan karang hasil Transplantasi tahun lalu sudah mulai tumbuh dengan sehat dan baik. Asosiasi biota yang berada di sekitar transplantasi ini makin bervariasi dan jumlahnya banyak.

“Penempatan rangka Transplantasi Karang ini merupakan daerah Pemulihan Ekosistem (rehabilitasi) yang nantinya akan disesuaikan lokasinya dalam kegiatan Rezonasi yang saat ini sedang dilaksanakan" jelas Faat Rudhianto Kepala Balai TN. Taka Bonerate

Selain mengukur tingkat persentase tumbuh, Tim juga menyulam (mengganti) karang yang mati dan membersihkan rangka dari kotoran yang menempel di media rangka maupun di karang.

Monitoring ini juga melibatkan masyarakat setempat, mulai dari awal kegiatan Transplantasi sampai monitoring, yang dilakukan dalam bentuk Kelompok Transplantasi Karang.

"Langkah selanjutnya, Balai TN. Taka Bonerate tahun ini akan menambah jumlah rangka transplantasi sebanyak 300 rangka dengan asumsi, akan merehabilitasi seluas 600 meter persegi" Ucap Kepala SPTN Wilayah II Jinato Abd. Rajab.

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate
Foto : Gunawan/ Muh. Jubir

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini