Sumatera Program Manager WCS Belajar ke Balai TN Bogani Nani Wartabone

Jumat, 11 Mei 2018

Kotamobagu, 9 Mei 2018. Sumatera Program Manager-WCS Willy Marthy kunjungi kantor Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) didampingi Sulawesi Progam Manager-WCS Iwan Hunowu beserta beberapa staf WCS Sulawesi yang disambut baik Kepala Balai TNBNW Lukita Awang Nistyantara beserta staf dan staf EPASS.

Kepala Balai TNBNW mengawali pertemuan dengan paparan proses awal membangun pengelolaan berbasis tapak di TNBNW, implementasi RBM yang sudah dilaksanakan di TNBNW selama periode Januari sampai Maret 2018, serta prinsip-prinsip dalam melaksanakan RBM. Selanjutnya dilakukan diskusi seluruh peserta yang hadir serta sharing cerita dan informasi berdasarkan pengalaman petugas TNBNW selama melaksanakan SMART Patrol dan Patroli RBM. 

Willy Marthy mengatakan bahwa kunjungannya di BTNBNW dalam rangka pembelajaran tentang implementasi SMART Patrol yang terintegrasi dengan patroli RBM di TNBNW, dan berharap akan mendapatkan arahan dari Kepala Balai TNBNW terkait hal tersebut. TNBNW dipilih menjadi lokasi pembelajaran oleh Willy Marthy sehubungan dengan informasi yang diperoleh bahwa Balai TNBNW telah mengadopsi sistem SMART termasuk aplikasinya sebagai engine database Balai TNBNW.

Di akhir pertemuan, Willy Marthy menyampaikan komitmen WCS khususnya program Sumatera dalam mendukung penguatan konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera. Willy Marthy menyampaikan bahwa dia merasa sangat senang bisa mendapatkan pembelajaran dari implementasi SMART dan RBM di TNBNW. Menurutnya, implementasi SMART dan RBM di TNBNW sudah cukup baik dan berharap bahwa Balai TNBNW bisa menjadi pusat pembelajaran bagi pengelola konservasi di wilayah Indonesia Timur.

Sumber : Dini Rahmanita - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini