BKSDA Bengkulu Dan Pemprov Bengkulu Sepakati Kerja Sama Pembangunan Strategis

Rabu, 25 April 2018

Bengkulu, 23 April 2018. Kepala Balai KSDA Bengkulu, Ir. Abu Bakar dan Plt. Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA menandatangani perjanjian kerja sama pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan di Cagar Alam Danau Dusun Besar, Kota Bengkulu. Penandatangan dilakukan pada tanggal 23 April 2018 yang lalu di Balai Semarak Raya Kota Bengkulu bersamaan dengan seremoni perpisahan Kepala Balai KSDA Bengkulu yang akan memasuki masa purna tugas pada bulai Mei 2018 mendatang. Acara tersebut merupakan bagian dari pertemuan yang digelar oleh Himpunan Alumni institut Pertanian Bogor di Bengkulu.

Kerja sama pembangunan strategis yang disepakati merupakan peningkatan dan pemeliharaan jalan yang sesungguhnya telah dibangun sejak awal dekade 90-an. Namun pada tahun 2000-an jalan tersebut ditutup karena turut berpesan pada muncul dan meluasnya perambahan Kawasan pada tahun-tahun awal orde reformasi. Seiring dengan perkembangan pembangunan daerah dan regional sumatera bagian selatan, kebutuhan akan jalan yang dulu pernah melintas di Cagar Alam Danau Dusun Besar menjadi semakin meningkat. Penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Balai KSDA Bengkulu ini merupakan tindak lanjut dari ekspose yang dilakukan oleh Plt. Gubernur Bengkulu dihadapan Dirjen KSDAE pada Desember 2017 lalu.

Tujuan kerjasama ini adalah mendukung upaya optimalisasi pembangunan nasional dalam bidang transportasi strategis serta mendukung peningkatan perekonomian Provinsi Bengkulu, mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan merupakan jalur logistik baik dari Lintas Barat Sumatera serta Feeder Road Lubuk Linggau-Bengkulu. Dalam arahan program yang disepakati, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersepakat untuk mendukung program pengelolaan Kawasan dalam bentuk perlindungan dan pengamanan Kawasan; pemulihan ekosistem, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Kawasan Cagar Alam Danau Dusun Besar.

Sumber : Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 2.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini