Pelatihan dan Pembinaan Smart Patrol Di Biak

Rabu, 25 April 2018

Jayapura, 25 April 2018. Aplikasi SMART PATROL tidak tergantung pada sinyal perangkat provider melainkan memanfaatkan sinyal satelit. Jadi dapat dimanfaatkan dimana saja, bahkan di wilayah yang memiliki signal ponsel yang kurang kuat. Proses sosialisasi ini dilakukan dengan media pembinaan pegawai pada hari rabu, tanggal 18 April 2018 lalu bersamaan dengan kunjungan kerja Kepala Balai Besar KSDA Papua di Kantor Seksi KSDA Wilayah III Biak dan operator SMART PATROL di tingkat Balai, Mochtar Tannasy, S.Hut yang akan memberikan bahan-bahan presentasi dan praktek.

Dijelaskan SMART PATROL itu apa, bagaimana cara menggunakannya, hal apa saja yang memudahkan dalam mengolah data lapangan/ hasil patroli, baik analisis maupun evaluasi, sampai kepada praktek langsung menggunakan aplikasi tersebut yang telah di transfer datanya ke HP/ ponsel peserta. Sebagai output dari pelaksanaan pembinaan ini pegawai di kantor seksi KSDA Wilayah III Biak dapat mengerti dan memahami hal apa yang telah dijelaskan dalam pertemuan tersebut. Berdasarkan pengamatan dari pemberi materi, Mochtar T., S.Hut bahwa paling sedikit ada tiga (3) pegawai Seksi yang mengerti dan dapat memahami hal yang telah di jelaskan dalam materi pembinaan pegawai sebagaimana dimaksud.

Resort Based Management yang disingkat menjadi RBM merupakan alat untuk mendekat kepada masyarakat. RBM di implementasikan dalam bentuk aplikasi yang digunakan untuk mempermudah petugas dalam mengumpulkan data lapangan dan dapat ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Aplikasi tersebut diberi nama SMART PATROL. 

Sumber : Kurnianingsih, A.Md dan Mochtar Tannasy, S.Hut - Balai Besar KSDA Papua 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini