Masyarakat Siap Lindungi Peneluran Maleo

Selasa, 24 April 2018

Bolaang Uki, 24 April 2018. Resort Pantai Selatan Balai TN Bogani Nani Wartabone (BNW) bekerjasama dengan EPASS BNW memfasilitasi proses kesepakatan konservasi masyarakat antara masyarakat Desa Molibagu dan Balai TNBNW, Selasa 24 April 2018, di kantor Desa Molibagu, Bolaang Mongondow Selatan. Kesepakatanan ini merupakan rangkaian proses dalam penguatan desa penyangga di sekitar kawasan TNBNW.

Dalam sambutannya, Sekcam Bolaang Uki, Bharata Prabowo Asmongin menyampaikan bahwa masyarakat desa siap mendukung usaha-usaha konservasi TNBNW, khususnya untuk kelestarian maleo di Batumanangis. Sementara itu, Kepala SPTN II Doloduo TNBNW, Agung Triono Hermawan menegaskan bahwa, "Salah satu perubahan pola pikir pengelolaan kawasan taman nasional saat ini adalah menjadikan masyarakat sebagai subyek pengelolaan, sehingga masyarakat desa penyangga merupakan salah satu pihak penting dalam pengelolaan taman nasional".

Beberapa kesepakatan yang dibahas antara lain mengenai penjagaan daerah-daerah tangkapan air dan sempadan sungai serta sumber air lainnya yang berasal dari taman nasional dan sekitarnya, pengembangan wisata alam terbatas, serta bersama-sama dalam mengurangi tekanan dan ancaman kawasan TNBNW seperti perburuan dan pembalakan liar.

Desa Molibagu merupakan salah satu desa penyangga kawasan TNBNW, yang secara administratif berada di Kecamatan Bolanguki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatjjan. Di desa ini terletak lokasi peneluran maleo (Mancrocephalon maleo) Batumanangis. Masyarakat Desa Molibagu dan Resort Pantai Selatan, bersama-sama menginisiasi pembentukan kelompok "Modaga No Suangge" yang bermakna menjaga maleo, dalam upaya mengelola lokasi peneluran maleo Batumanangis untuk mengurangi tekanan pencurian telur dan aktivitas manusia lainnya yang mengganggu lokasi peneluran tersebut. Maleo sendiri merupakan satu dari 25 jenis satwa prioritas nasional untuk ditingkatkan populasinya.

Sumber : Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini