BKIPM Peduli TN Kutai, 1000 Mangrove Ditanam

Minggu, 22 April 2018

Bontang, 22 April 2018. Memperingati Bulan Bakti Karantina, dan Mutu Hasil Perikanan 2018, Hari Bumi Internasional dan Hari Kartini, Balai TN Kutai bersama Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Balikpapan mengadakan penanaman 1000 pohon mangrove di Bontang Mangrove Park Taman Nasional Kutai.

Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M.Sc. dalam sambutannya menyatakan Bontang Mangrove Park (BMP) semoga bisa menjadi mangrove center bagi Kota Bontang dan Propinsi Kaltim. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menanam 25 pohon seumur hidup untuk bumi pertiwi.

Beliau menambahkan, TN Kutai sangat welcome untuk kegiatan penanaman, baik di darat/terresterial maupun di perairan/mangrove. Kelak tanaman yang ditanam akan menjadi tabungan dan shodaqoh bagi penanamnya, karena manfaatnya untuk satwa dan manusia. Disampaikan pula bahwa sangat istimewa peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi pada saat ini, merupakan momen yang baik untuk memperingatinya dengan penanaman mangrove oleh Kartini-Kartini masa kini untuk memberi bhakti pada bumi.

Kepala BKIPM menyatakan, penanaman bakau dilakukan untuk mengusahakan perlindungan terhadap tsunami serta memperbaiki fungsi pendukung perikanan. Untuk itu salah satunya pada bulan bhakti BKIPM ini dipilih menanam mangrove di Bontang Mangrove Park TN Kutai. Selanjutnya Walikota Bontang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Kota Bontang Ibu Ir. Sarifah Nurul Hidayah, MM. menyampaikan terima kasih kepada BKIPM yang telah melakukan kegiatan penanaman di Kota Bontang karena telah mendukung upaya Kota Bontang untuk menciptakan Bontang sebagai green city.

Permintaan Walikota Bontang agar bibit mangrove yang ditanam hari ini, dirawat, dipelihara dan dijaga supaya kita semua dan anak cucu merasakan manfaat pohon mangrove ungkap Ibu Nurul yang sekaligus hadir untuk membuka acara.

Dalam kegiatan ini, secara simbolis Kepala BKIPM menyerahkan 1000 bibit mangrove kepada Kepala Balai TN Kutai, diikuti penyerahan bibit kepada perwakilan berbagai komunitas seperti Kepala Lapas Bontang, DanPos AL, Dandim, Bontang Hash House Harier, Pramuka Saka Wanabhakti, Pramuka Saka Wira Kartika, Green Generations, Kader Konservasi TN Kutai dan dilanjutkan penanaman oleh semua peserta.

Dengan adanya penanaman mangrove yang melibatkan masyarakat dan berbagai komunitas, diharapkan semakin banyak masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya menjaga kelestarian mangrove.#TN Kutai

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini