Sadar Konservasi, Masyarakat Desa Khusus Pasitallu Serahkan 32 Butir Telur Penyu

Kamis, 19 April 2018

Desa Khusus Pasitallu - Taka Bonerate, 16 April 2018. Sebanyak 3 (tiga) orang masyarakat menyerahkan 32 butir telur penyu ke petugas Resort Pasitallu. Mereka adalah Usman, Nurdin dan Rusli, warga Desa Khusus Pasitallu di Taman Nasional Taka Bonerate Kepulauan Selayar. Dengan sadar, mereka menyambangi kantor resort dengan membawa baskom yang di dalamnya berisi telur penyu untuk diserahkan kepada petugas.

Menurut penjelasan komandan Resort Pasitallu Hendra Marannu, telur penyu yang diterima  ditemukan masyarakat di Pulau Sangiang. Ia pun menambahkan bahwa P. Sangiang adalah pulau yang berada di luar kawasan TN. Taka Bonerate. Pulau kecil yang tak berpenghuni dengan jarak tempuh dari Resort Pasitallu sekitar dua jam menggunakan kapal Jolloro (kapal kayu).

Masyarakat nelayan Pasitallu sering mendatangi P. Sangiang, baik untuk mencari gurita maupun memanah ikan dengan cara menyelam tanpa menggunakan kompresor, Pongke' (Bahasa Bajo).

Menyerahkan biota laut dilindungi ini sudah sering dilakukan oleh warga Pasitallu, baik penyu dewasa, tukik maupun dalam bentuk telur.

"Mengapa saudara meluangkan waktu untuk membawa telur ini ke Pasitallu dan menyerahkan ke pos jaga" tanya Hendra Marannu ke warga tersebut. Salah satu dari mereka menjawab "ini kami bawa sebagai ole-ole untuk petugas di pos dan supaya nantinya juga bisa ditetaskan di Pasitallu. Ini bisa menambah jumlah penyu di dalam taman nasional".

Semoga kedepan masyarakat makin sadar akan pentingnya menjaga keberlangsungan hidup penyu. Selanjutnya tiga puluh dua telur penyu itu ditanam di demplot penetasan Resort Pasitallu oleh Hendra Marannu.

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini