Upacara Labuhan Merapi di Taman Nasional Gunung Merapi

Selasa, 17 April 2018

CangkringanSleman, 17 April 2018Setiap tanggal 30 bulan Rajab, di Merapi dilaksanakan upacara tahunan Labuhan Merapi.  Labuhan Merapi merupakan upacara tahunan yang dilaksanakan keraton Ngayogyakarta dengan waktu pelaksanaan selama dua hari. Selai itu, tedapat upacara labuhan di Parangkusumo yang dilaksanakan pada tanggal 29 Rajab setiap tahunnya.  

Labuhan Merapi diadakan dalam rangka memperingati Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X, sekaligus bentuk rasa syukur dan doa bagi keselamatan raja keraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Upacara Labuhan ini dimaknai sebagai sebuah persembahan doa kepada Tuhan yang Maha Esa juga tanda penghormatan bagi leluhur kraton Ngayogyakarto Hadiningrat.

Hari pertama, Senin (16/04/2018), dilaksanakan pasrah tampi (serah terima) ubo rampe (perlengkapan) labuhan merapi di kantor kecamatan Cangkringan, dari keraton Ngayogyakarta kepihak kecamatan Cangkringan.  Untuk selanjutnya, ubo rampedan gunungan diarak dari kantor kecamatan Cangkringan menuju Petilasan Rumah Mbah Maridjan di Kinahrejo, Cangkringan.  Ubo rampe dan gunungan ini diserah terimakan dari Camat Cangkringan ke Juru Kunci Merapi, Mbah Asih atau Mas Lurah Kliwon Suraksohargo.  

Kemudian pada hari kedua, Selasa (17/04/2018) dilanjutkan arak-arakan dari Petilasan Mbah Maridjan ke Sri Menganti, lereng Gunung Merapi, untuk selanjutnya dilakukan prosesi utama, ritual dan doa.  Labuhan Merapi kali ini merupakan labuhan ageng, yang diperingati setiap delapan tahun sekali, atau sering disebut tahun dal.  

Rangkaian prosesi labuhan merapi ini dilaksanakan dikawasan TN Gunung Merapi, di zona religi  budaya dan sejarah sehingga perlu dilaksanakan pengamanan terhadap rangkaian prosesi labuhan merapi.  Zona religi, budaya dan sejarah di kawasan konservasi TN Gunung Merapi dimaksudkan untuk mendukung budaya dan adat istiadat setempat.  

Selama dua hari sebanyak 20 (dua puluh) personeldikerahkan untuk melakukan pengamanan sejak acara pasrahtampi ubo rampe hingga prosesi puncak di hari kedua.  Dan hingga akhir acara, semua prosesi telah terlaksana dengan baik.  ***

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini