Dirjen KSDAE Resmikan Visitor Center TN Bukit Baka Bukit Raya

Selasa, 17 April 2018

Sintang, 17 April 2018. Direktur Jenderal KSDAE Bapak Ir. Wiratno, M.Sc melakukan safari Kunjungan Kerja ke Kantor Balai TN Bukit Baka Bukit Raya, Suaka Enggang BKSDA Kalbar Seksi Wilayah 2 Sintang dan SOC (Sintang Orangutan Center) di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat dan TN Betung Kerihun Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Kunjungan Bapak Dirjen KSDAE ke TN Bukit Baka Bukit Raya dalam rangka peresmian Visitor Center dan menandatangani prasasti peresmiannya, selain itu juga diagendakan mengadakan pembinaan pegawai secara singkat mengingat padatnya jadwal kunjungan.

Saat pembinaan pegawai Bapak Dirjen KSDAE sempat menanyakan tentang pengelolaan Taman Nasional kepada perwakilan Polhut (sdr. Sunaryo, Kepala Resort Belaban) terkait permasalahan pengamanan, peta kerja, bahkan nama kepala desanya. Selain itu juga menanyakan kepada perwakilan PEH (Sdr. M Abduh) tekait pelaksanaan RBM, kegiatan pengelolaan KEHATI, Wisata Alam, Pendakian Bukit Raya dan banyak lagi hal-hal yang menarik perhatian Dirjen KSDAE.

Bapak Dirjen KSDAE tidak lupa juga menanyakan kendala dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi para petugas lapangan, yang salah satunya adalah terkait aksesibilitas. Yang mana diketahui bahwa TNBBBR memiliki aksesibilitas yang relative sulit dijangkau dan memerlukan Sarpras transportasi yang prima. Aksesibilitas ke kawasan TNBBBR ditempuh dengan Kendaraan darat dan air dengan jarak tempuh yang cukup jauh (antara 5 jam untuk resort terdekat di resort Belaban dan 16 Jam untuk resort terjauh). TNBBBR memiliki 7 resort yang terbagi 4 resort di SPTN 1 Nanga Pinoh Kalbar (Belaban, Mentatai, Rantau malam dan Meroboi) dan 3 Resort di SPTN 2 Kasongan Kalteng (Tumbang Hiran, Tumbang Habangoi dan Kuluk Sepangi). Beliau menanyakan kebutuhan apa yang diperlukan untuk memperlancar kegiatan lapangan, dan TNBBBR memohon agar dapat dialokasikan pesawat Ultralight untuk tahun anggaran 2019.

Kunjungan Bapak Dirjen KSDAE di kantor TNBBBR diakhiri dengan penandatanganan Prasasti peresmian gedung Visitor Center, foto bersama dan juga berkesempatan mencicipi Beras Hitam khas masyarakat tradisional sekitar kawasan TNBBBR yang memiliki tekstur legit, manis dan pulen, sangat berbeda dengan beras hitam yang biasa di pasarkan di swalayan pada umumnya yang memiliki tekstur kasar.

Turut hadir dalam kunjungan Dirjen KSDAE ke TNBBBR adalah Kepala Balai Besar TN Betung Kerihun Danau Sentarum dan rombongan, Kepala Balai KSDA Kalbar dan rombongan, Kepala Balai KSDA Kalteng, Kepala Balai TN Kayan Mentarang, Kasubdit Pengawetan Jenis Ditjen KSDAE, Kepala KPH Melawi, Dosen Universitas Kapuas dan lain-lainnya.

Setelah kunjungan ke TNBBBR, Dirjen KSDAE melanjutkan kunjungan ke Suaka Enggang KSDA Kalbar Seksi Wilayah 2 Sintang dan melakukan penanaman, kemudian dilanjutkan membuka Lokakarya “The Future Orangutan Unreleasable di Sintang Orangutan Center (SOC) yang juga dihadiri oleh Bapak Bupati Sintang dr. Djarot Winarno, M.Med,Ph.,  sekaligus melakukan pelepasan Orangutan secara simbolis untuk di release ke TN Betung Kerihun Danau Sentarum.

Setelah seluruh rangkaian acara di Kabupaten Sintang terlaksana, Bapak Dirjen KSDAE melanjutkan perjalanan ke Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu untuk melakukan pelepasliaran/re-stocking Ikan Arwana Super Red (Schleropagus formosus) dan juga melakukan pembinaan pegawai TNBKDS di Pusat Lapangan Tekenang.

Sumber : Balai TN Bukit Baka Bukit Raya 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini