Balai TN Kelimutu dan Masyarakat Belajar Memanfaatkan Austro euphatorium

Kamis, 12 April 2018

Taman Nasional Kelimutu, 12 April 2018. Balai Taman Nasional Kelimutu melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemberantasan dan Pemanfaatan Kirinyuh (Austro euphatorium) bagi Masyarakat di sekitar TN Kelimutu pada tanggal 9-11 April 2018.

Peserta pelatihan berjumlah 25 orang yang terdiri dari 7 orang petugas Balai TN Kelimutu dan 18 orang perwakilan masyarakat dari desa wilayah penyangga TN Kelimutu. Pengajar dalam acara ini adalah Ir. Ragil S.B. Irianto, M.Sc dan Dr. Titiek Setiawaty dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan-Bogor dan Prof. Ir. Prijo Sutedjo, M.Sc, Ph.D dari Universitas Nusa Cendana Kupang.

Materi yang disampaikan berupa identifikasi & sosialisasi IAS, teori dan praktek pemberantasan Kirinyuh, pelatihan pemanfaatan gulma kirinyuh hasil kegiatan pemberantasan dengan teknologi tepat guna. Bagian daun diolah untuk pupuk organik cair dan pestisida nabati, batang/ranting untuk bahan bakar kompor biomasa rancangan Prof. Prijo.

Produk yang dihasilkan diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sekitar selain melaksanakan pemulihan ekosistem kawasan TN Kelimutu.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini