Aksi Bersih Sampah Dan Sapu Gunung Dalam Kegiatan Festival Pesona Tambora 2018

Jumat, 13 April 2018

Dompu, 13 April 2018. Perhelatan kegiatan Festival Pesona Tahun 2018 secara meriah telah diselenggarakan mulai tanggal 7 April s/d 11 April 2018 di lokasi savanna Doro Ncanga dan Sarae Nduha kawasan Tambora Kabupaten Dompu, acara ini menarik banyak orang untuk datang ke lokasi tersebut baik dari pengunjung lokal, nusantara maupun mancanegara, diperkirakan ±10.000 orang berkunjung ke Tambora selama acara tersebut. Dampak penyelenggaraan Festival Tambora selalu menyisakan permasalahan yang  berulang pada setiap pelaksanaannya seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu sampah yang berserakan dan bertebaran di sekitar lokasi Savana Doro Ncanga maupun Sarae Nduha.  Pemandangan alam Tambora yang indah itu dikotori oleh sampah plastik, tentu menjadi sebuah fenomena yang kontradiktif dengan semangat pemerintah saat ini untuk konsisten menjaga keberesihan lingkungan dan zero sampah plastik.

Belajar dari kejadian dan kondisi tersebut Balai Taman Nasional Tambora bersama Pramuka peserta Kemah Jambore Konservasi Pesona Tambora tahun 2018, pada tanggal 12 April 2018 tepat sehari setelah pembubaran acara festival tambora melaksanakan kegiatan “AKSI BERSIH SAMPAH” dan “SAPU GUNUNG “. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan sampah selama kegiatan festival tambora diselenggarakan, serta untuk menanamkan kesadaran dalam diri pramuka untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, lebih dari itu pramuka diharapkan menjadi pelopor dan teladan bagi pemerintah dan masyarakat untuk bertanggung jawab membersihkan sampah. Sebanyak 532 orang dikerahkan untuk membersihkan sampah yang berserakan di lokasi Sarae Nduha tempat acara Festival Tambora diselenggarakan. Sampah yang terkumpul dimasukan ke dalam karung/trasbag untuk diangkut dalam mobil truk sampah.

Di tempat terpisah, BTN Tambora bersama peserta Jelajah Alam Pesona Tambora sebanyak 900 orang melakukan aksi “SAPU GUNUNG” sepanjang jalur pendakian Doro Ncanga. Yang menarik pada kegiatan ini adalah sampah yang dikumpulkan oleh peserta menjadi salah satu point yang dinilai oleh panitia dalam menentukan pemenang lomba jelajah alam.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah pekerjaan yang paling sulit untuk kita wujudkan tanpa adanya kesadaran bersama dari seluruh masyarakat dan pemerintah, tapi kita harus tetap terus berupaya untuk menjaga lingkungan terutama dari sampah plastik. Melalui kegiatan ini BTN Tambora secara tidak langsung telah memberikan pelajaran kepada semua orang untuk bersama-sama membersihkan sampah di sekitar kita.

 

Sumber : Balai TN Tambora

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini