Pemerintah Provinsi Sulteng Undang Balai KSDA Sulteng Untuk Penanganan Buaya di Sungai Palu dan Teluk Palu

Rabu, 11 April 2018

Palu, 11 April 2018. Penanganan buaya khususnya yang berada di Sungai Palu dan Teluk Palu mulai mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Balai KSDA Sulawesi Tengah (BKSDA Sulteng) diundang sebagai narasumber untuk penanganan buaya yang telah dilakukan dan solusi yang akan diambil. Populasi buaya di Sungai Palu dan Teluk Palu sekitar muara sungai berkisar antara 20-26 ekor, berdasarkan inventarisasi yang telah dilakukan tim Balai KSDA Sulteng selama 3 hari dengan waktu pengamatan siang dan malam.

Rapat koordinasi dilaksanakan diruang rapat Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah di pimpin langsung oleh Sekretaris Provinsi yang dihadiri oleh Asisten II, Kepala Biro Umum Setdaprop, Polairud, Dinas Kehutanan Prov.Sulteng, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulteng, dan Dinas Perhubungan Prov. Sulteng.
Dalam rapat koordinasi tersebut menghasilkan beberapa solusi untuk penanganan buaya di Sungai Palu dan Teluk Palu yaitu mendorong pembangunan penangkaran dan taman satwa.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Balai KSDA Sulteng antara lain : membentuk tim satgas buaya, mengadakan in house training penanganan buaya, menginventarisasi buaya, mengevakuasi buaya hasil penyerahan masyarakat dan informasi dari media sosial, memasang papan himbauan disekitar sungai palu, muara sungai palu, pantai talise dan meningkatkan pengawasan serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar berhati-hati dan mengurangi aktifitas disekitar pantai/jembatan talise.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini