Workshop Pembuatan Zonasi Region Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua

Senin, 09 April 2018

Panakukang, 9 April 2018. Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam bekerja sama dengan BIJAK-USAID menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen Zona/Blok Pengelolaan KSA/KPA dan Pendokumentasian Pembelajaran proses pembuatan Zoning/Bloking Tahun 2018 yang dilaksanakan selama (5 hari) terhitung tanggal 9 April 2018 s.d 13 April 2018. Adapun peserta yang diundang dalam workshop ini berasal dari 13 UPT, yaitu BBKSDA Sulawesi Selatan,  BBKSDA Nusa Tenggara Timur,  BBKSDA Papua Barat, BBKSDA Papua, BKSDA Kalimantan Tengah, BKSDA Kalimantan Timur, BKSDA Maluku, BKSDA Nusa Tenggara Barat, BKSDA Sulawesi Tengah, BTN Bantimurung Bulusaraung, BTN Komodo , BTN Gunung Palung, BTN Tanjung Puting.

Workshop Penyusunan Dokumen Zona/Blok Pengelolaan KSA/KPA dan Pendokumentasian Pembelajaran proses pembuatan Zoning/Bloking Tahun 2018  diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan di hotel Swiss Bellin Panakukkang Makassar yang dibuka Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam Ibu Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc.  

"Bapak Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sulsel mengingatkan bahwa adanya hutan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, hal ini tidak akan tercapai apabila dalam proses perencanaan, kita tidak berhasil membuat rancangan zonasi/blok yang disahkan oleh Direktur Jenderal KSDAE. Rancangan blok/zonasi menjadi landasan awal untuk terbukanyaakses bagi pihak apakah itu untuk izin usaha, rehabilitasi, pembangunan-pembangunan, jadi betapa pentingnya zona/blok ini” ujar Listya pada sambutannya.

Pemahaman masyarakat yang terus meningkat akan tatakelola kehutanan yang baik sehingga menjadikan pemerintahan yang baik pula, itu memaksa kita agar memiliki rancangan zona/blok untuk kawasan konservasi sebelum dapat diberikannya akses untuk kegiatan-kegiatan. Oleh karena itu saya berdoa semoga kegiatan yang juga di bantu USAIDBIJAK dapat menjadi sarana untuk mempercepat tugas penataankawasan konservasi dengan komitmen kita semua,  hal itu dapattercapai dan kita selesaikan bersama tambah Listya.

Setelah acara pembukaan Workshop Penyusunan Dokumen Zona/Blok Pengelolaan KSA/KPA dan PendokumentasianPembelajaran proses pembuatan Zoning/Bloking Tahun 2018 ,dilanjutkan dengan arahan teknis serta pembinaan kepadapeserta workshop oleh Direktur Jenderal KSDAE Ir. Wiratno , MSc . Di penghujung acara, Pak Dirjen berkenan memberikanbuku Sepuluh Cara (Baru) Mengelola Kawasan Konservasi di Indonesia kepada perwakilan peserta.

Sumber : Mugiharto HP, SHut M.Si  - PEH Muda Direktorat PIKA

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini