Masyarakat Desa Werdhi Agung Selatan Dukung Pelestarian Kawasan TN Bogani Nani Wartabone

Selasa, 10 April 2018

Kotamobagu, 10 April 2018. Resort Dumoga Barat TN Bogani Nani Wartabone (BNW) bekerjasama dengan EPASS BNW memfasilitasi proses kesepakatan konservasi masyarakat antara masyarakat Desa Werdhi Agung Selatan dan Balai TNBNW, Selasa 10 April 2018, di kantor Desa Werdhi Agung Selatan. Kesepakatan ini merupakan rangkaian proses dalam penguatan desa penyangga di sekitar kawasan TNBNW.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Werdhi Agung Selatan, I Nengah Candraweda, menyampaikan bahwa masyarakat desa selain mendukung untuk kelestarian taman nasional, diharapkan juga taman nasional dapat memberikan manfaat yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan. Sementara itu, Kepala SPTN II Doloduo TNBNW, Agung Triono Hermawan menegaskan bahwa, "Salah satu perubahan pola pikir pengelolaan kawasan taman nasional saat ini adalah menjadikan masyarakat sebagai subyek pengelolaan, sehingga masyarakat desa penyangga merupakan salah satu pihak penting dalam pengelolaan taman nasional".

Beberapa kesepakatan yang dibahas antara lain mengenai penjagaan daerah-daerah tangkapan air dan sempadan sungai serta sumber air lainnya yang berasal dari dalam kawasan taman nasional dan sekitarnya, berkomitmen untuk mewujudkan siatem pertanian ramah lingkungan, serta bersama-sama mengurangi tekanan dan ancaman kawasan TNBNW seperti perburuan dan pembalakan liar.

Desa Werdhi Agung Selatan merupakan salah satu desa penyangga kawasan TNBNW, yang secara administratif berada di Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaangmongondow. Desa induknya, Desa Werdhi Agung, merupakan desa transmigran asal Bali sejak 1963. Sebagian besar penduduknya merupakan petani persawahan yang sangat tergantung pada sumber-sumber air yang berasal dari dalam kawasan taman nasional.

Sumber : Balai TN Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini