Sun Ghoukong Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Minggu, 08 April 2018

Tebo, 8 April 2018. Seekor Orangutan bernama Sun Ghoukong dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 01 s.d 03 April 2018. Pelepasliaran ini dilakukan oleh sebanyak 13 orang yang terdiri dari 3 (tiga) petugas Seksi Pengelolaan Wilayah I Tebo TNBT, 1 (satu) orang dokter hewan dan 3 (tiga) orang staf FZS dan sisanya buruh angkut yang diambil dari masyarakat lokal. Berdasarkan pengecekan dokter hewan, kondisi luka yang diderita oleh Orangutan Sun Ghoukong sudah pulih dan siap untuk dilepasliarkan.

Jarak lokasi pelepasliaran orangutan Sun Ghoukong yaitu berjarak 5,5 Km dari stasiun Sungai Pengian dan 2,6 KM berada di dalam kawasan TNBT. Kondisi vegetasi di sekitar lokasi pelepasliaran didominasi oleh jenis Meranti, pohon Terap dan Durian. Jenis ini cocok sebagai sumber pakan Orangutan.

Tim memantau orangutan Sun Ghoukong sampai kondisi benar-benar bisa untuk di tinggal kembali ke stasiun dan dengan harapan Sun Ghou Kong nyaman di tempat baru nya.

Pelepasliaran ini adalah kali kelima, sebanyak 4 kali orangutan Sun Ghou Kong ini dilepasliarkan di sekitar stasiun dan selalu kembali lagi ke stasiun. Semoga pelepasan kali ini orangutan Sun Ghoukong dapat benar-benar betah dan merasa nyaman di lingkungan barunya.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini