Cantiknya 55 Penyelam Putri Menjangan “Dive for Trash” di Pulau Menjangan, TN Bali Barat

Minggu, 08 April 2018

Pulau Menjangan, 8 April 2018. Penyelam Putri Menjangan berkolaborasi dengan penyelam Taman Nasional Bali Barat (TNBB) bersihkan sampah di dasar laut Pulau Menjangan. Kegiatan ini untuk menyambut Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April nanti. Sebanyak 55 partisipan yang sebagian besar perempuan terjun ke laut untuk membersihkan sampah plastik. FYI, Putri Menjangan merupakan salah satu komunitas lokal yang peduli dan berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian TNBB khususnya di Pulau Menjangan. Kali ini Putri Menjangan menggandeng komunitas penyelam "Surabaya Diving" dalam kegiatan sosial dan amal yang bertajuk ‘Diving and Charity’ dengan pelibatan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokmasta) Batu Ampar, Desa Pejarakan.

Rombongan disambut Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang, Hendra Gunawan, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Wiryawan. Gabungan penyelam ini diarahkan untuk melakukan underwater clean updive for trash’ di Pos 1 dan Pos 2 Pulau Menjangan.

“Terima kasih kepada Putri Menjangan dan Surabaya Diving yang telah berpartisipasi aktif dalam upaya pengendalian sampah di Pulau Menjangan” ujar Hendra Gunawan. Selain itu, Hendra juga menambahkan bahwa Balai TNBB akan terus meningkatkan upaya penanganan sampah, salah satunya melalui kegiatan clean up bersama para pihak. FYI, pada tahun 2017 lalu, sampah anorganik hasil clean up di Pulau Menjangan mencapai 10 ton, sementara sampai dengan triwulan I tahun 2018 ini, hasil clean up di Pulau Menjangan sebanyak 3 ton sampah anorganik. Hampir semuanya merupakan sampah yang dibawa arus laut dan terdampar di pantai Pulau Menjangan.

Selesai pengarahan, para penyelam dibagi ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing dibekali satu buah kantong sampah. Mereka bergegas ke lokasi yang telah ditentukan sesuai arahan sebelumnya. Sekitar satu jam, kelompok penyelam sudah bermunculan sambil membawa kantung berisi sampah. Setiap kantong sampah ditimbang, lalu semua sampah tersebut digabungkan dalam satu karung. Jumlah seluruh sampah anorganik yang terkumpul dari aksi ‘dive for trash’ yg di inisiasi oleh komunitas Putri Menjangan kali ini sebanyak 97 Kg. Rata-rata perolehan tiap kelompok sebanyak 7 Kg.

“Terima kasih kepada pihak TNBB dan para penyelam yang telah bersama-sama mengumpulkan sampah dari dasar perairan Pulau Menjangan” ucap Ketut Sutama kordinator Putri menjangan. Sutama juga berjanji akan terus membantu Balai TN Bali Barat dalam upaya pengendalian sampah anorganik di Pulau Menjangan. 

Sebelumnya hari Sabtu, 7 April 2018, para penyelam dari Surabaya Diving yang difasilitasi oleh komunitas Putri Menjangan sempat melakukan ‘fun dive’ sambil melakukan transplantasi karang di sekitar Teluk Banyuwedang. Selain itu, mereka juga melakukan penyuluhan kesehatan wanita kepada Ibu-Ibu PKK Desa Pejarakan. 

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini