Membangun “Organisasi Pembelajar” Generasi Muda di Tingkat Tapak Balai TN Rawa Aopa Watumohai

Minggu, 25 Maret 2018

25 Maret 2018. Berawal dari kegelisahan Kepala SPTN Wilayah II (Benny E Purnama, S.Hut) pada kegiatan aksi bersih sampah pada tanggal 23 Februari 2018 lalu dimana keterlibatan generasi muda dalam aksi tersebut masih dalam jumlah yang sangat minim, maka diinisiasi untuk kembali melakukan perekrutan sekaligus pelantikan KPA Anoa angkatan kedua agar generasi muda yang terlibat aktif dalam aksi lingkungan dan konservasi dapat bertambah dari segi kuantitas serta perbaikan kualitas melalui berbagai materi ajar yang disampaikan pada saat dan pasca acara pelantikan. Kegiatan ini diikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) peserta calon KPA Anoa yang merupakan perwakilan dari berbagai SMA dan SMK di Kabupaten Bombana, sedangkan yang lulus dan berhak memperoleh syal sebagai tanda bukti kelulusan berjumlah 27 (dua puluh tujuh) orang. Turut hadir dan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut Pembina dari SPTN 2 berjumlah 3 (tiga) orang, pendamping 2 (dua) orang, dan tamu dari Balai TN RAW serta anggota Manggala Agni DAOPS Tinanggea berjumlah 6 (enam) orang.

Materi yang diajarkan diantaranya Pengenalan Taman Nasional, Konservasi Dasar, Survival, Kepemimpinan dan Organisasi dan Kebakaran Hutan yang disampaikan oleh instruktur Manggala Agni DAOPS Tinanggea. Hari kedua dilaksanakan upacara pelantikan yang dipimpin oleh Pak Moersidi dan Pak Indra (Polhut TN RAW) dan berdasarkan hasil penilaian dapat dilantik dan diluluskan 27 orang anggota KPA Anoa.

Kepala Balai TN RAW Bapak Ali Bahri, S.Sos.,M.Si melalui telepon mengatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini karena memiliki peran penting sebagai “organisasi pembelajar” di tingkat tapak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya kelestarian kawasan TN RAW, selain itu dengan menjadi anggota KPA dapat membentuk karakter dan mental generasi muda yang tanggung, disiplin, bertanggung jawab dan cinta lingkungan, selanjutnya Kepala Balai mengharapkan para anggota yang baru dilantik siap memberikan sumbangsih baik berupa tenaga dan pemikiran secara aktif dalam rangka mencapai tujuan pengelolaan TN RAW.

Kelompok Pecinta Alam Anoa (KPA Anoa) TN Rawa Aopa Watumohai (TN RAW) sampai dengan tahun 2017 baru terbentuk satu angkatan dengan perangkat organisasi dan materi yang masih terus diperbaiki dengan menerima masukan dari berbagai pihak terutama para anggota yang masih terlibat aktif dan Kepala Desa Lantari Jaya. Peran KPA Anoa adalah sebagai salah satu kader konservasi dalam menggerakkan berbagai kegiatan dan aksi konservasi dan lingkungan hidup di  masyarakat, keluarga dan dunia pendidikan.

Sumber : Balai TN Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini