Tim Balai TN Matalawa Road Show ke Desa Penyangga

Minggu, 25 Maret 2018

Waingapu, 25 Maret 2018. Guna mewujudkan kehadiran negara di tengah tengah masyarakat, Tim Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang dipimpin oleh Maman Surahman melakukan road show ke desa penyangga TN Matalawa. Adapun road show ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi dengan tujuan untuk meningkatkan semangat kreatifitas dan inovasi masyarakat desa penyangga dalam upaya peningkatan ekonomi.

Hasil survey selama ini menunjukkan bahwa produk pertanian dan perkebunan dijual langsung oleh masyarakat desa penyangga. Namun dengan pengalihan konsep menjadi petik olah jual, maka akan memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi dan tentunya akan lebih menguntungkan.

Sasaran desa kali ini adalah desa Padiratana dan desa Bidipraing. Kedepan dua desa tersebut menjadi salah satu prioritas program pemberdayaan masyarakat yaitu pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa penyangga  TN Matalawa.

Desa Padiratana diproyeksikan sebagai sentra pemasaran berbagai produk yang dihasilkan oleh masyarakat. Kopi Sumba, kacang mete Sumba, keripik singkong  dan produk olahan bambu akan siap menghiasi etalase. Sedangkan desa Bidipraing merupakan salah satu desa yang berpotensi sekaligus pemasok hasil pertanian dan perkebunan yang selanjutnya diolah dan dipasarkan.

Agenda road show ini diharapkan dapat menciptakan sinergitas TN Matalawa dengan masyarakat desa penyangga, elaborasi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, sehingga akan meminimalisir ketergantungan masyarakat terhadap hutan.

Sumber : Balai TN Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini