Setelah Dive for Trash, Bike for Trash..Yuuk Intip Fun Walk for Trash Balai TN Bali Barat

Minggu, 25 Maret 2018

Cekik, 25 Maret 2018. Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terus mengkampanyekan peduli sampah dengan aksi bersih dan jalan santai "fun walk for trash" di kawasan TN Bali Barat yang dipimpin langsung Kepala Balai Drh. Agus Ngurah Krisna, M.Si. Aksi ini diikuti lebih dari 300 orang yang terdiri dari pegawai TNBB beserta keluarga, pensiunan pegawai, masyarakat sekitar, pemandu wisata, dan relawan peduli sampah. Aktuvitas ini dikemas dalam aktifitas jalan santai dan dilaksanakan untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan yang ke-35 dan Hari Hutan Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Maret. Lokasi pengambilan sampah difokuskan di sepanjang Pantai Cekik hingga Monumen Lintas Laut yang berjarak kurang lebih 1,2 km.

Peserta "fun walk for trash" mengambil start dari lapangan kantor Balai TNBB dengan koordinator aksi, Hendra Gunawan SP., MP. Beliau sebelumnya menjelaskan bagaimana teknis pengumpulan dan pemilahan sampahnya. Peserta dibagi menjadi empat kelompok besar dan masing-masing dibekali 8 karung kosong. Sampah anorganik yang didapat dimasukkan ke dalam karung sesuai jenisnya. Sampah tersebut nantinya dikumpulkan untuk ditimbang dan dicatat oleh petugas. Tepat jam 08.00 wita peserta sudah memulai aksinya dan berjalan berurutan sesuai kelompok. Setibanya dipantai, mereka menyebar untuk "berburu" sampah. Aktifitas ini dilakukan dalam suasana santai. Tampak semua peserta sangat antusias. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga tampak bersemangat untuk mengumpulkan sampah.

Setelah kurang lebih satu jam menelusuri pantai, peserta kembali ke lapangan kantor TNBB dengan membawa sampah dalam karung-karung. Petugas dengan sigap melakukan penimbangan. Total sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan kali ini seberat 406 kg, terdiri dari 9 karung botol kaca, 14 karung sampah plastik (gelas plastik, botol, kantong kresek, plastik kemasan, dll), serta 5 karung karet dan stereofoam. Aksi "fun walk for trash" ini dilakukan selain untuk membersihkan kawasan TNBB juga dimaksudkan untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan. Harapannya, kebiasaan bersih itu akan menjadi budaya sehingga persoalan sampah tidak menjadi masalah lagi di kemudian hari. Fun Walk for trash, selain badan jadi sehat, lingkungan juga bersih. (tnbb)

Sumber : Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini