Balai TN Kayan Mentarang Gandeng Masyarakat Adat Lundayeh Sebagai Partner

Selasa, 20 Maret 2018

Nunukan, 13 Maret 2018. Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat adat sebagai upaya peningkatan peran dan partisipasi masyarakat adat dalam pengelolaan kolaboratif diselenggarakan pada tanggal 7 s.d 12 Maret 2018 di Desa Pa Padi, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan - Kalimantan Utara. Keterlibatan aktif peserta yang terdiri dari Kepala Adat Desa Cing'lat, Kepala Adat Desa Pa Padi, aparat pemerintahan kedua desa, beserta sejumlah elemen tokoh pemuda setempat, sangat terasa melalui dialog yang berkembang.

Kegiatan ini merupakan ajang belajar bersama sebagai partner dalam mengelola kawasan konservasi di tingkat tapak antara Balai Taman Nasional Kayan Mentarang (BTNKM) dengan Masyarakat Adat Dayak Lundayeh khususnya di lokasi Pa Padi yg mencakup dua desa tersebut. sehingga nantinya tercapai kesepahaman yg akan tertuang dalam perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak.

"Kami memahami bahwa kelestarian ekosistem TNKM yg sangat luas ini niscaya terjadi melalui keterlibatan aktif masyarakat adat. Setiap unsur adat yg ada di sekitar TNKM tidak lagi berposisi sebagai objek pengelola, namun melalui paradigma baru pengelolaan kawasan konservasi, masyarakat adat menjadi mitra dalam upaya pelestarian kawasan. Peranan mereka melalui pranata adat, perangkat - perangkat adat, norma & tradisi budaya mesti digali & diangkat sehingga manajemen kolaboratif tidak sekedar simbol tetapi harus menjadi derap langkah Balai TNKM bersama Masyarakat Adat Lundayeh di tingkat tapak seperti diintruksikan Kepala Balai kepada kita." Demikian disampaikan Suwarto selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Long Bawan.

Diharapkan kegiatan ini menjadi wahana untuk saling memahami peran dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam pengelolaan kawasan TNKM yang luasnya 1,2 juta hektar.
Disamping itu, Kegiatan ini juga sebagai langkah awal dari rangkaian proses jangka panjang dalam pelaksanaan Role Model TNKM, yakni revitalisasi peran masyarakat adat di bawah payung Dewan Pembina & Pengendali Pengelolaan Kolaboratif (DP3K) TNKM.

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini